Notification

×

Iklan

Iklan

Capai Kerja Impian, FT Uhamka Gelar Webinar Tingkatkan Karakter Diri

Minggu, 17 Juli 2022 | Minggu, Juli 17, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-17T15:10:24Z


Serambiupdate.com
-  Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) sebagai universitas terakreditas Unggul terus mencanangkan program-program pengembangan bagi mahasiswa untuk terus menggali potensi dalam diri. Hal ini diimplementasikan oleh Fakultas Teknik (FT) Uhamka yang menyelenggarakan Webinar dengan tema Pengembangan Karakter Bagi Alumni dan Mahasiswa Semester 8 FT Uhamka melalui platform zoom meeting, Sabtu (16/07).


Webinar ini dihadiri oleh Dan Mugisidi selaku Dekan FT Uhamka, Rifky selaku Wakil Dekan I FT Uhamka, Oktarina Heriyani selaku Wakil Dekan II FT Uhamka, Moh. Yusuf Djeli selaku Wakil Dekan III FT Uhamka, Arif Hamzah selaku Wakil Dekan IV FT Uhamka, Arry Avorizano selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika FT Uhamka, Harry Ramza selaku Ketua Program Studi Teknik Elektro FT Uhamka, Delvis Agusman selaku Ketua Program Studi Teknik Mesin FT Uhamka, Mia Kamayani selaku Sekretaris Program Studi Teknik Informatika FT Uhamka, dan Anisia Kumala Masyhadi selaku Dekan Fakultas Psikologi Uhamka, segenap dosen FT Uhamka beserta staf dan jajarannya.


Denty Avianty yang berkecimpung dalam bidang HR Practitioner hadir sebagai narasumber membawa tema karakter dalam jenjang karir. Menurutnya, untuk mengembangkan karakter dalam jenjang karir, perlu diperhatikan unsur ‘I’, ‘they’, dan ‘industry’. Seseorang harus dapat memahami dirinya sendiri untuk membedakan dalam berperilaku dan berfikir akan suatu hal. Sedangkan Puti Archianti Widiasih yang seorang dosen psikologi Uhamka juga menjadi narasumber yang menjelaskan tentang pengembangan karakter diri. Penjelasannya terkait pengoptimalan karakter bersamaan dengan kompetensi.


“Yang harus diperhatikan adalah saya, mereka, dan bagaimana industrinya. Ini harus dapat kita identifikasi. Apabila ingin maju kita harus kenal diri kita sendiri dulu. Apa yang membedakan kita dalam perilaku, berfikir, mengolah, dan merasa,” ujar Denty.


Selanjutnya, Dan Mugisidi selaku Dekan FT Uhamka mengungkapkan bahwa kegiatan ini penting untuk diikuti karena karakter merupakan salah satu faktor yang mendukung dalam pengembangan karir. Karakter yang sesuai dengan tempat kerja akan menjadi sinergi yang baik.


“Pengembangan karakter itu penting, karena karakter merupakan hal yang mendukung sebagai penunjang pengembangan karir karakter sesuai dengan tempat kerja yang sesuai akan jadi sinergi yang sangat baik. Apabila tidak sesuai akan menjadi problem yang berkepanjangan. Maka dari itu kami ingin mengadakan kegiatan ini untuk mendukung alumni dan memberi bekal mahasiswa yang akan lulus pada waktu dekat ini,” tutur Musgidi.


Sementara itu, materi kedua yang disampaikan Puti Archianti menjelaskan terkait pengembangan karakter untuk menuju karir. Puti menyampaikan bahwa dalam mengembangkan karakter tidak butuh waktu singkat. Karena pada dasarnya kompetensi dan karakter harus berdampingan.


“Yang utama dalam pekerjaan memang kompetensi, tetapi lama kelamaan karakter itu akan menjadi penting dan menjadi pendorong. Tentu dua-duanya harus tercermin, kompetensi yang bagus dan karakter yang baik. Percuma jika hanya satu saja. Tetapi jika didorong dengan karakter pasti akan lebih bagus,” jelas Puti.


Puti juga menyebut dalam mengembangkan karakter tentunya tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Maka ia pun menjelaskan beberapa karakter yang mungkin dapat dilatih para peserta webinar untuk menuju karir mereka.


“Disini terdapat beberapa karakter yang sering dicari perusahaan. Diantaranyaya berani tampil beda yaitu berani tampil menunjukkan keunikan yang dapat membedakan dengan kandidat yang lain, punya visi yang jelas, disiplin dan bersemangat mencapai target, memiliki inisiatif dan proaktif, serta serba bisa dan memiliki keingintahuan tinggi,” ungkapnya.

×
Berita Terbaru Update