Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Aktivitas Menulis, Rektor Uhamka Beri Apresiasi Dosen

Sabtu, 25 Juni 2022 | Sabtu, Juni 25, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-25T15:08:04Z


Serambiupdate.com - 
Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar kegiatan Launching Buku dengan tema Kiat Menulis Buku Bahan Ajar dan Reference Berskala Nasional. Kegiatan ini digelar secara hybrid melalui aplikasi Zoom meeting dan bertempat di Aula AR Fachrudin lantai 2 Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada Sabtu (25/6).

 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Abd. Rahman A. Ghani selaku Wakil Rektor I, Zamah Sari sekaku Wakil Rektor II, Lelly Qodariah selaku Wakil Rektor III, Bunyamin selaku Wakil Rektor IV, Eko Digdoyo selaku penulis buku dan dosen Uhamka, Prof Suryaman selaku pembahas, Prof Agus Suradika, Mudjiarto selaku pembahas,  dan segenap Stakeholder Uhamka.

 

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menyampaikan bahwa 10 tahun terakhir ini Uhamka memberikan prioritas kepada publikasi jurnal, Uhamka telah membentuk unit pengembangan jurnal dan menyediakan bimbingan teknis khusus.

 

"Hari ini saya berterima kasih kepada teman sejawat dosen memulai kembali untuk menghidupkan ghirah dan semangat dalam meningkatkan aktivitas menulis buku. Dan saya ucapkan selamat atas launching dari ketiga buku ini," tutur Prof Gunawan.

 

Dilain pihak, Purwosusilo selaku Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para penulis di Uhamka.

 

"Saya yakin buku ini sangat banyak manfaatnya. Saya mohon, budaya menulis ini bisa diikuti oleh anak-anak kami disatuan pendidikan dengan meluangkan waktu dan pikiran untuk membangun bangsa kita ini di bidang pendidikan terutama di provinsi DKI Jakarta. Kami berharap kerjasama dengan Uhamka dapat terus berjalan, ditingkatkan, dan diperluas dengan baik," ujar Purwo.

 

Prof. Abd. Rahman A. Ghani selaku Wakil Rektor I Uhamka sekaligus penulis buku Pendidikan Berkeadaban menyampaikan bahwa dunia pendidikan belum menjadi king maker yang menjadi memberi arah dan fungsi dalam perubahan.

 

“Pendidikan di Indonesia masih tampak compang-camping dalam merespon berbagai kondisi bangsa ini. Persoalannya bukan terletak pada lebih baik atau buruk namun respon pendidikan terhadap perkembangan zaman tampak kurang memiliki sistematika dan struktur yang jelas. Fokus perubahan bukan seringkali bukan seperti apa manusia yang hendak diwujudkan. Inilah menjadi tesis dalam buku ini,” tutur Prof Rahman.

 

Bunyamin selaku Wakil Rektor IV Uhamka sekaligus penulis buku Total Quality Management (TQM) menuturkan bahwa semasa ia mengenyam pendidikan S3 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), ada mata kuliah Total Quality Management in Education. Banyak buku yang mengkaji mengenai hal tersebut. Ia terilhami dan senang dengan kajian TQM di dalam pendidikan karena sejarah dari TQM adalah manajemen yang dipraktikkan oleh berbagai perusahaan di luar negeri.

 

“Para tokoh pendidikan menganalisis, apakah sebuah perusahaan atau industri itu bisa dipraktikkan dalam dunia pendidikan hingga lahirnya judul Total Quality Management in Education,” ujar Bunyamin.

 

Selanjutnya, Dosen Uhamka Eko Digdoyo sekaligus mewakili tim penulis Uhamka buku Kewirausahaan dan Konsep Pengembangan memaparkan bahwa penulisan buku Kewirausahaan ini berangkat dari suatu kebijakan mengenai tuntutan mengikuti kurikulum KKNI, salah satunya adalah mahasiswa tidak hanya mendapatkan keilmuan keprodian tapi harus diimbangi dengan kemampuan peningkatan skill yang lain. Melalui kebijakan Rektor saat itu, terbitlah SK Rektor bahwa mata kuliah MKU Kewirausahaan menjadi MKU yang umum diselenggarakan di Uhamka.

 

“Tahun lalu, bersamaan dengan izin serta dukungan dari Pak Rektor dan pimpinan, maka terbitlah buku ini dan tentunya kami ucapkan terima kasih kepada tim penerbit sehingga telah terpublikasi hasil dari karya bapak ibu dosen Uhamka. Kami bahagia karena dapat memberikan satu hadiah dalam bentuk akademik yang bisa dipublikasikan,” jelas Eko.

×
Berita Terbaru Update