Notification

×

Iklan

Iklan

Self Reward

Minggu, 26 Juni 2022 | Minggu, Juni 26, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-26T02:39:00Z

 




 Oleh :  Alya Fitri

Mahasiswa FKIP Uhamka



Banyak sekali cara untuk bisa membuat diri sendiri merasa Bahagia, salah satunya dengan memberikan self reward, apa sih self reward? Self reward ialah suatu penghargan kepada diri sendiri yang pantas kamu nikmati dan dapatkan. Contoh sederhananya seperti saat kamu behasil mencapai sesuatu jangan lupa memberikan selamat untuk diri sendiri. 

Sayangya, masih banyak yang menyepelekan soal self reward ini padahal banyak sekali manfaatnya, karena pada dasarnya diri kita sendiri berhak untuk bersenang-senang. Bukannya egois, namun dengan kita melakukan ini atas dasar cinta pada diri sendiri. 

Kerap kali rasa cape, bosan, stuck kalau dibiarkan begitu saja bisa-bisa kamu jadi stress dan depresi bahkan hal itu pun tidak membuat mu move on dari kegiatan atau progress diri yang sedang kamu capai. Menghadiahkan dirimu atas kerja keras yang sudah kamu lalui bisa mengembalikan semangat serta motivasi Ketika merasa ingin menyera. Ketika kamu menghadiahi diri sendiri, otak secara tidak langsung melepaskan hormone dopamine yang membuat kita merasa lebih baik dan Bahagia. 

Self reward bahkan bisa digunakan sebbagai motivasi, Ketika kita menjalankan sesuatu yang tidak selamanya berjalan sesuai dengan keinginan. Terkadang ada beberapa hal yang sulit untuk di capai karena banyak gangguan dan rintangan yang membuat kita Lelah untuk mencapai hal itu. Jika sudah demikian, maka kita perlu sesekali memberikan hadiah untuk diri sendiri agar Kembali termotivasi untuk menggapai cita-cita.

Terdapat istilah Positive reinforcement, istilah ini yang digunakan untuk menyebut pengulangan Tindakan setelah memperoleh hadiah atas Tindakan tersebut. Memberikan hadiah kepada diri sendiri setelah berhasil mencapai sesuatu ternyata bisa berdampak besar. Salah satunya yaitu untuk meningkatkan ambisi agar lebih produktif.

Self reward ini juga merupakan bagian dari self love. Hadiah dan penghargaan yang kita berikan akan memberikan energi positif sekaligus wujud cinta dan kasih sayang kita kepada diri sendiri.

Self reward memang bisa dimaknai sebagai hadiah untuk diri sendiri. Namun hadiah yang dimaksud bukan hanya dalam bentuk barang saja, hadiah dan penghargaan kepada diri sendiri juga bisa melalui hal-hal sederhana dan mudah.

Seperti, menyempatkan diri untuk istirahat 15-30 menit disela-sela kegiatan menjadi bentuk kecintaan pada diri sendiri. Dengan rutin tidur siang atau dengan mengistirahatkan tubuh kita menghargai dan peduli pada Kesehatan tubuh kita, karena tidur juga dipercaya bisa mengurangi stress, meningkatkan kreativitas, dan focus

Contoh lain dalam menghadiahkan diri dengan menonton drama atau series, untuk Sebagian orang kegiatan ini juga bagian dari self reward. Saat menyaksikan tayangan favorit, mungkin kita akan merasakan Bahagia. Sehingga setelahnya kita bisa melakukan aktivitas dengan lebih baik lagi. 

Itulah sedikit hal penting tentang self reward yang perlu dipahami. Ingatlah bahwa self reward tidak selalu dengan memberikan hadiah mewah. Cukup melakukan hal-hal yang disenangi, maka sama artinya kita telah menghargai dan mencintai diri kita sendiri.


×
Berita Terbaru Update