Notification

×

Iklan

Iklan

Sekda Sebut Pendidikan Harus Melahirkan Siswa Berakhlakul Karimah

Rabu, 08 Juni 2022 | Rabu, Juni 08, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-08T02:48:59Z


Serambiupdate.com Marhaban SE selaku Sekretaris Daerah Aceh Barat menyebut pendidikan mempunyai peran penting khususnya dalam membentuk generasi muda yang unggul dan berakhlakul karimah. Pewujudan itu dapat terjadi melalui standar pendidikan Aceh Barat yang berisi muatan lokal islami dan berkarakter. Kemudian dapat diimplementasikan dalam pola dan mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Hal tersebut disampaikan saat pembukaan kegiatan penetapan standar pendidikan Aceh khususnya di daerah Aceh Barat tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Dinas DP3AKB. Aceh Barat.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Barat, Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD), MPD, Ketua Komite Sekolah, para Kepala sekolah, para akademisi, dan para guru.


“Ini adalah upaya memajukan pendidikan di Aceh Barat berbasis muatan lokal Islami serta berkarakter,” ujar Marhaban.


“Dasar hukumnya yaitu qanun Aceh nomor 5 tahun 2008 tentang penyelenggaraan pendidikan, dan juga mengatur tentang mata pelajaran khusus sebagai muatan lokal yang menjadi ciri khas Aceh,” kata Marhaban.


Ia berharap standar pendidikan ini dapat mengembangkan kemampuan para siswa, dapat meningkatkan keimanan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.


“Pembentukan dan penguatan karakter para siswa tersebut dapat dikuatkan kembali dengan berdasar pada penerapan nilai-nilai Pancasila di dalam sistem dan kurikulum pembelajaran Nasional,” tambahnya.

DYL

×
Berita Terbaru Update