Notification

×

Iklan

Iklan

Kolaborasi Surabaya Dengan Liverpool Inggris Terkait Pendidikan Inklusi

Kamis, 30 Juni 2022 | Kamis, Juni 30, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-30T04:38:03Z


Serambiupdate.com Pendidikan inklusi terus dikembangkan pemerintah Kota Surabaya bersama Kota Liverpool, Inggris.

"Terkhusus perkembangan di bidang pendidikan untuk siswa berkebutuhan khusus," kata Eri Cahyadi selaku Wali Kota Surabaya.


Hal tersebut disampaikan ketika kunjungan Rob Fenn selaku Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia bertempat di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur. Kunjungan Rob Fenn membuka kegiatan Webinar kepada Guru Sekolah Inklusi di Kota Surabaya bersama St. Vincent’s School Liverpool.


Eri menyampaikan bahwa kerja sama yang dinamakan kota kembar/sister city antara Kota Surabaya dengan Kota Liverpool akan berlangsung terus secara aktif. Ia berharap Kerja sama yang dilakukan dalam Nota Kesepahaman (MoU) di tahun 2018 dapat mengisi kegiatan positif bagi masyarakat yang terdapat kedua kota tersebut. Seperti kegiatan mengembangkan kapasitas bagi guru sekolah inklusi.


"Kegiatan ini adalah kesempatan bagus untuk para peserta. Terdiri dari 135 guru SD dan 135 guru SMP di sekolah inklusi Kota Surabaya. Ini bertujuan untuk menambah wawasan baru mengenai pendidikan untuk siswa berkebutuhan khusus," katanya.


Eri melanjutkan bahwa jajaran St. Vincent’s School Liverpool akan memberikan langsung wawasan pendidikan tersebut kepada salah satu sekolah inklusi terbaik di Kota Liverpool dan bahkan di seluruh Inggris. Rob Fenn juga menambahkan bahwa sinergi serta kolaborasi yang sudah terjalin dengan Kota Surabaya dapat menyeselesaikan permasalahan. Seperti ketidaksetaraan, perubahan iklim, dan pendidikan. Maka dari itu, ia ingin mengajak berbagai pihak untuk bekerjasama.


"Saya sudah bertemu dan berdiskusi dengan kolega saya yang ada di Kota Surabaya. Saya menyimpulkan, bahwa Kota Surabaya ini bisa menjadi salah satu kota percontohan mengenai pendidikan inklusi," kata dia. 

DYL
×
Berita Terbaru Update