Notification

×

Iklan

Iklan

Beradab dan Berilmu, Mana yang Harus Didahulukan?

Kamis, 30 Juni 2022 | Kamis, Juni 30, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-30T02:46:00Z

 


 


Oleh : Faddila Dwiyanti

Mahasiswa FKIP Uhamka


“Orang yang beradab sudah pasti berilmu,Orang yang berilmu belum tentu beradab.”

Kalimat tersebut banyak di perbincangkan di kalangan masyarakat, berdekatannya antara beradab dengan berilmu membuat kalangan masyarakat bingung. Mana kah yang harus didahulukan? 

Memiliki ilmu merupakan anugerah yang dikasih Tuhan kepada makhluk yang paling sempurna yaitu manusia. Orang yang diberikan ilmu akan diangkat derajatnya oleh Tuhan Yang Maha Esa, sangat istimewa bukan? Orang yang berilmu akan banyak dimiliki oleh banyak teman, baik untuk bertukar pikiran maupun dapat banyak belajar darinya. Namun, ada satu hal penting yang tidak boleh diabaikan dalam berilmu, yaitu beradab. Mengapa harus mendahulukan adab? Karena dengan kita mempelajari atau memiliki adab akan mudah untuk memahami ilmu. Selain itu, banyak dikehidupan nyata yang memperlihatkan bahwa adab itu penting: banyak orang yang kita jumpai baik teman atau seseorang yang memiliki kecerdasan, tetapi mempunyai sifat yang sombong. Memiliki kecerdasan tetapi tidak memiliki pribadi atau perilaku yang baik. Memiliki kepandaian tetapi adab terhadap orang tua maupun guru kurang. 

Kondisi di Indonesia banyak sekali hal-hal tersebut yang kita jumpai, berita atau informasi atau bahkan kejadian yang pernah kita lihat secara langsung yaitu banyak kasus murid yang tidak memiliki sopan santun terhadap gurunya, atau dikarenakan terlahir dari orangtua yang memiliki jabatan tinggi sehingga sesuka hati memperlakuakn guru.

Dari kejadian tersebut maka kita akan cenderung mendahulukan orang yang memiliki adab karena akan memunculkan kenyamanan jika bersamanya. Tetapi tentu, dua pilihan antara berilmu dan beradab bukanlah pilhan yang terbaik. Karena akan jauh lebih baik bagi kita untuk menjadi orang berilmu dan beradab. Tetapi untuk memiliki ilmu butuh adab. Pada dasarnya, sifat yang kita miliki seperti: sabar dalam menuntut ilmu, dipelajari dari adab terlebih dahulu. 


×
Berita Terbaru Update