Notification

×

Iklan

Iklan

Belajar dengan Musik, Apakah Efektif?

Selasa, 28 Juni 2022 | Selasa, Juni 28, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-28T02:43:00Z

 



Oleh : Nabila Salsabila

FKIP Uhamka


Belajar adalah suatu yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Jika tidak, tujuan kita belajar tidak akan tercapai dengan sempurna. Banyak sekali metode untuk kita berkonsentrasi saat belajar, mulai dari suasana yang harus hening sampai ada beberapa yang harus sambil mendengarkan musik agar berkonsentrasi. Namun, apakah belajar dengan musik tersebut dapat efektif dilakukan?  Apakah lebih efektif dari pada suasana yang hening saat belajar? Jika iya apa penyebabnya?

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, mempengaruhi musik yang semakin berkembang. Pelaku musik dan penikmat musik pun semakin bergam. Hampir semua kalangan bisa mendengarkan musik sesuai dengan kesukaannya. Itu bukti dari perkembangan musik yang sudah semakin banyak jenisnya dan target penikmatnya. Tidak bisa dipungkiri lagi, hampir di setiap ruang-ruang aktivitas sehari-hari kita dapat mendengarkan musik, entah dari pemilik ruangannya seperti di café, tempat gym dan lain sebagainya sampai kita bisa mendengarkannya sendiri melalui telepon genggam yang kita miliki. 

Di sisi lain, perkembangan musik ini menjadi bahan penelitian oleh para peneliti tidak hanya di negeri kita bahkan manca negara juga meneliti musik ini. Peneliti tersebut menghubungkan musik dengan manusia. Salah satunya hubungan musik dengan belajar yang menjadi salah satu aktivitas manusia khususnya pelajar. 

Banyak yang tidak percaya bahwa belajar bisa di iringi dengan musik, bahkan bisa membuat kita lebih konsentrasi dan efektif. Ada yang beranggapan bahwa musik malah membuat seseorang tidak berkonsentrasi saat belajar. Hal itu pun berbalik dengan hasil peneliti-peneliti terkait hubungan musik dan belajar. Berikut beberapa hasil dari penelitianpenelitian terkait hal tersebut;

1. Musik dapat meningkatkan mood dan memberikan motivasi

Tidak bisa dipungkiri belajar terkadang membuat kita stress, apalagi jika materi yang sedang kita pelajari tidak kita bisa pahami. Dalam fase itulah musik menjalankan perannya sebagai pereda stress. Di sisi lain bisa memberikan motivasi kepada kita berdasarkan Healthline penelitian tahun 2019. Kedua hal tersebut bisa tercapai dengan musik-musik favorit kita yang kita bisa dengar saat belajar.

2. Musik bisa meningkatkan fokus

Berdasarkan studi tahun 2007 dari fakultas kedokteran Univrsitas Stanford, musik khususnya musik klasik dapat meningkatkan fokus saat belajar dan membantu otak menyerap informasi baru.

Dengan demikian, mendengarkan musik saat belajar berpengaruh positif pada kita. Mulai dari meningkatkan mood, memberi motivasi, dan meningkatkan fokus. Oleh karena itu, tidak masalah bagi kita jika ingin belajar sambil mendengarkan musik favorit kita.


×
Berita Terbaru Update