Notification

×

Iklan

Iklan

Kota Surabaya Raih Penghargaan Kearsipan dari ANRI

Sabtu, 21 Mei 2022 | Sabtu, Mei 21, 2022 WIB | Last Updated 2022-05-21T03:48:17Z


Serambiupdate.com Pemerintah Kota Surabaya mendapat penghargaan kearsipan kategori kabupaten/ kota terbaik dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Setelah menerima penghargaan tersebut, Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan visualisasi digital kearsipan di Museum Pendidikan.

"Pengarsipan digital di Surabaya sudah bagus dan memenuhi syarat. Dengan mendapat nilai 90,48 atau AA dari ANRI," kata Eri Cahyadi selaku Wali Kota di Balai Kota Surabaya, Jumat (20/5/2022).


Ia mengatakan penghargaan tersebut diberikan oleh Tjahjo Kumolo selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) pada puncak acara peringatan Hari Kearsipan Nasional Tahun 2022 di Pekanbaru, Riau.


Walaupun mendapat penghargaan kearsipan, hal itu tidak menghentikan Eri Cahyadi dalam berinovasi. Ia berencan membuat digitalisasi kearsipan visual. Yang di dalamnya terdapat cerita mengenai sejarah perjuangan Kota Surabaya untuk mempertahankan kemerdekaan dari para penjajah.


"Karena kami belum punya, harus ada museum yang bercerita bagaimana terbentuknya Surabaya sampai bagaimana mempertahankan Kota Surabaya dan NKRI dari Belanda dan Jepang," ujar dia.

Menurutnya, konsep visualisasi kearsipan yang diinginkannya tersebut dapat berupa film yang mampu bercerita mengenai sejarah panjang perjuangan Kota Surabaya sampai sekarang. Dengan adanya visualisasi kearsipan tersebut, Eri berharap, anak-anak Surabaya akan terus ingat mengenai perjuangan bangsanya.


"Dengan begitu, anak-anak didik akan mrngetahui pertempuran heroiknya dan sejarahnya kota Surabaya. Insya Allah dengan arsip tersebut dapat membentuk sebuah tempat yang menceritakan tentang kesejarahan Kota Surabaya," kata dia.

DYL

×
Berita Terbaru Update