Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Purwakarta Beri Inovasi Pendidikan Untuk Pelajar Pancasila

Sabtu, 14 Mei 2022 | Sabtu, Mei 14, 2022 WIB | Last Updated 2022-05-17T09:33:40Z


Serambiupdate.com Anne Ratna Mustika selaku Bupati Purwakarta menyampaikan program “Lima Bunga Pendidikan Karakter” menjadi salah satu inovasi dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. 

“Pendidikan merupakan salah satu sektor pelayanan dasar, karena itu menjadi skala prioritas dalam pembangunan Pemkab Purwakarta,” kata Bupati terkait Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Purwakarta, Jumat.


Melalui Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Purwakarta mendapat inovasi di dunia pendidikan, yaitu program “Lima Bunga Pendidikan Karakter”.


Lima bunga pendidikan karakter tersebut terdiri dari, Tujuh Poe Atikan Purwakarta Istimewa, Pendidikan Agama Keagamaan dan Pendalaman Kitab, Insersi Pendidikan Anti-Korupsi, Sekolah Ramah Anak, dan Tatanen di Bale Atikan.


“Program-program tersebut dapat diinsersikan ke dalam implementasi merdeka belajar dan kurikulum merdeka, sehingga terjadi sinergi antara kebijakan pemerintah pusat dengan karakteristik, potensi dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta,” katanya.


Menurutnya, pendidikan merupakan prioritas dalam membangun Pemerintahan Kabupaten Purwakarta. Misi pertamanya adalah meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial yang terdapat dalam misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Purwakarta tahun 2018-2023.


Anne menjelaskan, tahap keempat yang berupa RPJMD ditujukan untuk menciptakan keunggulan masyarakat Purwakarta dalam segala bidang yang berhubungan dengan pembangunan regional dan nasional.


Pada tahun ini, di utamakan mengoptimalkan kualitas mutu pendidikan dengan berorientasi pada inovasi pembelajaran, baik daring, luring, ataupun hybrid learning. Dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan sesuai standar pelayanan yang ditentukan.


“Kemudian pengembangan kapasitas tenaga pendidik melalui bimbingan teknis serta pendidikan dan pelatihan, baik secara daring maupun tatap muka,” katanya.

DYL

×
Berita Terbaru Update