Notification

×

Iklan

Iklan

Belajar Mencintai Diri Sendiri

Jumat, 01 April 2022 | Jumat, April 01, 2022 WIB | Last Updated 2022-04-01T02:15:00Z

 




Oleh : Devi Yuliani

Mahasiswa Uhamka 



Dalam Bahasa Indonesia self-love artinya mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri bukan berarti kita harus bisa memenuhi semua apa yang kita inginkan. Lebih tepatnya self-love merupakan sebuah perasaan percaya diri, bangga atas keadaan pada dirinya sendiri dan juga dapat menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya.

Mungkin self-love sulit untuk dijalani dalam kehidupan nyata, karena pada dasarnya manusia masih merasa insecure, masih merasa kurang dengan keadaannya. Mereka memandang keadaan orang lain adalah patokan untuk hidupnya, tak heran jika banyak orang merasa tidak puas dengan kehidupan mereka. Self-love sangat perlu diterapkan dalam menjalani kehidupan, dengan adanya self-love manusia bisa menerima diri dengan apa adanya bukan ada apanya.

Self-love menjadi aspek yang penting bagi diri sendiri dan kesehatan mental. Dengan kita melakukan self-love, kita dapat menjalani kehidupan dengan enjoy, kita lebih bisa menerima diri kita apa adanya dan selalu berpikir positif. Dengan kita menerapkan self-love kita akan memperoleh beragam manfaat diantaranya dapat membantu mengurangi rasa cemas yang berlebihan karena kita lebih bisa bersyukur menerima keadaan dengan apa adanya, kita bisa mendapatkan kepuasan hidup karena kita menjalani kehidupan dengan enjoy tanpa berpatokan dengan orang lain, dapat meningkatkan self-esteem pada diri kita sendiri sehingga kita bisa lebih percaya diri, serta dapat meminimalisir risiko terkena gangguan mental.

Oleh karena itu, agar kondisi mental kita tetap sehat dan terjaga, sebaiknya kita harus menerapkan self-love. Ada beberapa tips and trik melakukan self-love. Yang pertama kenali diri sendiri terlebih dahulu, karena sesungguhnya dengan kita mengenali diri kita sendiri dapat mengetahui hal-hal yang melekat pada diri kita sehingga mudah untuk melakukan self-love. Yang kedua, selalu percaya diri dan tidak boleh minder atau insecure pada orang lain, anggap saja “aku pasti bisa”. Yang ketiga bergaul dengan orang-orang yang cenderung memotivasi dan memberikan pengaruh yang baik. Yang keempat, tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Penerapan self-love mungkin memang sulit, karena kita sebagai manusia pastinya selalu ingin memiliki kehidupan seperti orang lain, bisa dibilang iri. Dan pastinya tak jarang orang berkata “aku harus bisa hidup seperti mereka”, mereka tidak sadar keadaanya seperti apa dan bahkan terlalu memaksakan dirinya untuk seperti orang lain. Di sisi lain mungkin banyak orang memandang bahwa self-love itu perbuatan yang egois, terlalu menutup diri dari orang lain. Padahal penerapan self-love memiliki dampak yang besar bagi kehidupan kita juga memberikan efek positif dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita sebagai manusia harus bisa menerapkan self-love pada diri kita sendiri. Belajarlah untuk lebih mencintai dan mengutamakan mental diri sendiri!


×
Berita Terbaru Update