Notification

×

Iklan

Iklan

Kemendikbudristek Selenggarakan PTM berdasarkan level PPKM suatu wilayah

Kamis, 03 Februari 2022 | 2/03/2022 03:00:00 PM WIB | Last Updated 2022-02-03T12:24:00Z


Serambiupdate.com
- Penyesuaian pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) suatu wilayah sudah diatur di dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, aturan ini disebutkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Di dalamnya dijelaskan, penyesuaian akan dilakukan berdasarkan perubahan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).


"Penyesuaian akan dilakukan jika terjadi perubahan status PPKM di suatu wilayah. Detail pengaturan dapat ditemukan dalam lampiran SKB Empat Menteri,"Jumeri.


Jumeri selaku Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbudristek menerangkan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah akan terus meningkatkan pengawasan dan monitoring PTM terbatas. Menurutnya, ketentuan yang ditetapkan dalam SKB 4 Menteri sudah mempertimbangkan dan mengakomodasi mekanisme penyelenggaraan PTM berdasarkan level PPKM suatu wilayah.


"Sejalan dengan rekomendasi dari berbagai studi, pemulihan pembelajaran melalui PTM dengan protokol kesehatan mendesak untuk dilaksanakan. Tentunya pembelajaran tatap muka wajib menyesuaikan status level PPKM masing-masing wilayah sesuai SKB Empat Menteri," tutur Jumeri.


Jumeri mengatakan, pihaknya memperhatikan dinamika penyebaran Covid-19 varian omicron serta mencermati masukan dari bebagai pihak. Karena itulah Kemendikbudristek mengimbau agar semua pihak perlu meningkatkan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan PTM.


"Tingkatian kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan pembelajaran tatap muka," tutur Jumeri.


(ADP)

=