Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Kesadaran Masyarakat Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan

07 Januari 2022 | Jumat, Januari 07, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-07T14:21:15Z

 

Karya Najwa Maharani Adisa Putri

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES UHAMKA


Tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masih dikategorikan rendah. Meskipun mereka telah berhasil menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri maupun lingkungan keluarga. Namun, tak sedikit juga orang yang mengabaikan kebersihan dalam lingkungan masyarakat. Salah satu contoh kecil, orang membuang bungkus sedotan air mineral gelas. Sehingga perbuatan tersebut akan menyebabkan tindakan serupa yang akan dilakukan orang lain. Bayangkan saja, jika di suatu tempat ada sepuluh sampai dua puluh orang yang membuang bungkus sedotan air mineral gelas sembarangan, akhirnya tempat tersebut akan menjadi kotor.

Adapun beberapa dampak dari kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, yaitu lingkungan akan menjadi kotor dan tidak nyaman untuk ditinggali, menimbulkan berbagai penyakit bahkan menjadi sarang penyakit, serta dapat menimbulkan bencana seperti banjir. Banjir tidak hanya disebabkan oleh hujan lebat. Tetapi, karena orang-orang membuang sampah sembarangan di sungai sehingga mengakibatkan aliran sungai menjadi tidak lancar dan volume air meluap ke pemukiman warga.

Oleh karena itu, pentingnya untuk menumbuhkan kesadaran bagi setiap masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dapat dimulai oleh diri sendiri dengan membuang sampah pada tempatnya, apabila melihat sampah yang berserakan yang bukan milik kita sebaiknya kita membuangnya, melakukan kerja bakti secara teratur, ataupun menanam tumbuhan hijau agar lingkungan menjadi sejuk. Dengan lingkungan yang bersih maka kita akan merasa nyaman dan tidak mudah terserang penyakit.

=