Notification

×

Iklan

Iklan

penggunaan air fryer baik untuk kesehatan?

Sabtu, 15 Januari 2022 | Sabtu, Januari 15, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-14T19:19:14Z


Karya Abdul Azis

Mahasiswa S1 kesehatan Masyarakat Fikes UHAMKA



air fryer merupakan alat masak modern yang dapat digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan, seperti ayam, kentang, sayuran, dan beragam makanan beku. Alat ini dianggap memberikan solusi yang lebih sehat untuk mengolah makanan yang digoreng. Benarkah demikian?

Air fryer bekerja dengan sistem sirkulasi udara panas di dalam perangkatnya yang bisa mencapai 200 derajat Celsius. Menggoreng makanan dengan air fryer hanya membutuhkan sedikit minyak (sekitar 1 sendok makan) atau bahkan tidak sama sekali, tergantung jenis makanannya. Selain itu, minyak yang ada di dalam makanan justru akan dikeluarkan dan tersaring ke dasar wadah.

Jika anda membandingkan cara menggoreng biasa dengan air fryer, anda pasti lebih memilih air fryer sebagai cara menggoreng yang lebih sehat. Daripada mencemplungkan makanan ke minyak, anda hanya memerlukan sedikit minyak untuk menghasilkan makanan yang renyah saat memasak menggunakan air fryer. Artinya, menggoreng menggunakan air fryer tidak menghasilkan lemak jenuh. Air fryer Strogen dapat mengurangi lemak di makanan gorengan sebesar 80%. Walaupun sedikit lemak pada makanan adalah hal yang baik, kebanyakan orang Indonesia mengkonsumsi lemak terlalu banyak. Dengan menggunakan air fryer Strogen anda dapat mempertahankan kadar lemak yang sehat untuk tubuh. Keuntungan lain menggunakan air fryer, adalah anda dapat mengurangi kalori yang anda konsumsi. Daripada memasak menggunakan minyak yang berlebihan, dengan air fryer makanan anda hanya dimasak dengan udara panas. Kalori di makanan juga dapat berkurang, karena lemak dapat menetes kebawah. Jadi, jika anda ingin mengurangi kadar kalori anda, anda dapat memasak menggunakan air fryer. 

Masak menggunakan air fryer sangatlah baik untuk kesehatan anda, dan jauh lebih sehat dibanding menggoreng menggunakan cara biasa. Selain mengurangi kalori di makanan anda, anda dapat menggoreng kentang goreng tanpa takut terkena kanker.

 

×
Berita Terbaru Update