Notification

×

Iklan

Iklan

Pengaruh Gadget bagi Kehidupan Masyarakat

Kamis, 06 Januari 2022 | 1/06/2022 10:48:00 AM WIB | Last Updated 2022-01-06T03:48:25Z


Salma Isti Qomah Ali

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Di masa sekarang ini hampir semua orang memiliki gadget, tapi kalian tahu tidak gadget itu apa. Gadget adalah suatu perangkat atau alat elektronik yang berukuran relatif kecil serta memiliki fungsi khusus dan praktis dalam penggunaannya. Pada saat ini gadget sudah menjadi alat elektronik yang tidak asing lagi di berbagai kalangan masyarakat. Masyarakat sangat terbantu dengan hadirnya gadget di masa kini, bahkan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Karena semua informasi dapat kita ketahui melalui gadget, dan juga gadget sangat memudahkan kita dalam masalah hal berkomunikasi. Tapi gadget juga memiliki pengaruh yang sanagt besar bagi kehidupan kita, mulai dari hal kesehatan, interaksi sosial, bahkan gaya hidup. Gadget memiliki dampak bagi kehidupan kita, seperti dampak positif dan dampak negatif.


Dampak positif penggunaan gadget, seperti memperlancar komunikasi, memudahkan mengakses informasi, wawasan menjadi bertambah, dapat meningkatkan kenyamanan belajar, meningkatkan kemampuan dalam mengatur waktu dan bisa sebagai hiburan. Dari gadget juga kita dapat menambah relasi, karena kita dapat berinteraksi secara mudah dengan seseorang yang keberadaannya jauh dari lokasi kita saat ini. Gadget juga dapat membantu seseorang berkomunikasi dengan jarak yang jauh dan bisa bertatap muka langsung untuk mengurangi rasa rindu menggunakan applikasi yang ada di gadget, contohnya Skype, video call, dan lain-lain. Selain membantu dalam komunikasi, gadget juga membantu dalam bidang pendidikan yaitu memudahkan mencari tugas-tugas sekolah atau kuliah, dapat pula menjadi tutorial suatu cara, petunjuk arah dan jalan, dan lain sebagainya.


Sedangkan dampak negatif dari penggunaan gadget yaitu, menyebabkan tidak fokus dalam belajar, bisa menjadi pribadi yang tertutup, kesehatan dapat terganggu, menyebabkan kecanduan, gangguan dalam tidur, suka menyendiri atau kurangnya interaksi sosial, membuat kurangnya berempati dengan lingkungan sekitar, dapat menyebabkan depresi dan bisa terjadi cyberbullying. Risiko penyalahgunaan gadget contohnya penggunaan gadget yang lupa waktu dan melalaikan kegiatan atau tugas yang seharusnya diutamakan, seperti mengerjakan tugas sehari-hari, membantu merapihkan rumah, dan kegiatan lainnya. Saat ini yang paling sering di lihat dari dampak negatif penggunaan gadget adalah membuat pengguna gadget menjadi memiliki dunia sendiri.


Bahaya dampak gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini . Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini terdapat dampak positif dan dampak negatif. Penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak, juga dapat menurunkan kreativitas anak. Solusi terhadap permasalahan pemakaian gadget pada anak usia dini dengan cara membatasi pemakaian gadget, mengawasi anak dalam bermain gadget dengan figur orang tua yang berperan sangat penting serta memberi jadwal waktu yang tepat saat anak bermain gadget, agar gadget tidak dapat menghambat perkembangan sosial anak usia dini.


Pesan saya untuk kalian semua, gunakanlah gadget sebaik mungkin atau seperlunya saja dan sesuai kebutuhan yang diperluka. Dan untuk orang tua awasilah anak kalian dalam penggunaan gadget dan batasi waktunya agar tidak berdapak negatif bagi kehidupannya.

=