Notification

×

Iklan

Iklan

Menjaga Kesehatan Mental

Rabu, 12 Januari 2022 | Rabu, Januari 12, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-12T15:36:17Z

 Silvi Miranti

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES UHAMKA


Apa itu Kesehatan mental? Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar. Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Sebaliknya, Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental. Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri.

Terdapat beberapa jenis masalah kesehatan mental dan berikut ini adalah tiga jenis kondisi yang paling umum terjadi :

 

Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan terdiri dari gangguan kecemasan umum, sosial, fobia dan panik. Gangguan kecemasan merupakan gangguan kejiwaan yang membuat penderitanya merasa cemas dan gelisah, serta sulit mengendalikan perasaan tersebut.

Ketika mengalami gangguan kecemasan, seseorang bisa merasakan gejala berupa banyak berkeringat, detak jantung yang cepat atau dada berdebar, merasa pusing, susah berkonsentrasi, sulit tidur, serta merasa cemas dan khawatir hingga sulit menjalani aktivitas sehari-hari.

 

Gangguan Kepribadian 

Seseorang dengan gangguan kepribadian cenderung memiliki pola pikir, perasaan, atau perilaku yang berbeda dari kebanyakan orang pada umumnya.

 

Gangguan Psikotik

Gangguan psikotik merupakan gangguan jiwa parah yang menyebabkan munculnya pemikiran dan persepsi yang tidak normal, misalnya penyakit skizofrenia. Orang yang mengalami gangguan psikotik akan mengalami halusinasi, mempercayai hal-hal yang sebenarnya tidak terjadi, dan bahkan mendengar, melihat, atau merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak nyata.

Gangguan Suasana Hati

Perubahan mood yang terjadi sewaktu-waktu adalah hal yang normal terjadi, apalagi jika memang ada faktor pencetusnya, misalnya stres, kelelahan, atau tekanan batin.

Namun, orang yang menderita gangguan suasana hati bisa mengalami perubahan mood atau suasana hati yang ekstrem dan dalam waktu cepat. Misalnya, dari mood yang stabil, tiba-tiba sedih, lalu sangat bahagia dan bersemangat dalam waktu yang cepat.


Maka dari itu pentingnya kita untuk menjaga Kesehatan mental bukan hanya mementingkan Kesehatan fisik saja, beberapa Langkah sederhana yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas Kesehatan mental. Dengan menjaga Kesehatan mental, maka kita dapat merasakan beberapa efeknya seperti suasana hati yang membaik, membangun ketahanan, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan.

Nah, berikut ini beberapa hal sederhana yang dapat meningkatkan Kesehatan mental :


Katakan Hal positif pada Diri Sendiri 

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengkatakan hal-hal positif pada diri sendiri, Penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kamu lebih optimis


Tuliskan Hal-hal yang Patut Disyukuri

Hal yang tidak kalah penting adalah dengan bersyukur, bersyukurlah dari hal-hal kecil. Rasa bersyukur dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan. Secara umum merenungkan rasa terima kasih juga efektif, tetapi perlu berlatih secara teratur untuk mendapatkan manfaat jangka panjang. Temukan sesuatu untuk disyukuri dan nikmati perasaan tersebut dalam hatimu.


Olahraga

Olahraga juga ga kalah penting loh untuk membantu kamu dalam menjaga Kesehatan mental. Olahraga membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu sebelum dan sesudah berolahraga. Itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. 


Makanlah Makanan yang Enak

Makanlah makanan yang bisa membantu suasana hatimu membaik atau membantu meningkatkan kembali semangat dalam diri. Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan, makan lezat dan sehat juga menyehatkan otak. Karbohidrat (dalam jumlah sedang) meningkatkan serotonin, bahan kimia yang terbukti memiliki efek menenangkan pada suasana hati. Sementara itu makanan kaya protein membantu kamu tetap waspada.


Istirahat

Istirahat menjadi pilihan yang tepat untuk semua orang. Jika semua pekerjaan terasa seperti terlalu banyak, menjuauhlah, dan lakukan istirahat untuk merehatkan tubuh sejenak, setidaknya sampai kamu merasa sedikit lebih baik. Jangan terlalu memaksakan diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat kamu semakin stress.


Nah setelah dijelaskan beberapa langkah sederhana untuk menjaga Kesehatan mental diatas, tunggu apa lagi? Untuk kamu membantu diri sendiri dalam menjaga Kesehatan mental. Kalau bukan diri sendiri yang menjaga Kesehatan mental siapa lagi? Jangan sampai Kesehatan mental kita terganggu baru menjaga Kesehatan Mental. Langkah-langkah yang dijelaskan diatas tidaklah sulit untuk dilakukan, kamu hanya perlu menerapkannya secara bertahap dan yang pasti dengan niat yang jelas, agar mendapatkan hasil dan manfaat jangka panjang.


×
Berita Terbaru Update