Notification

×

Iklan

Iklan

Menjaga Kesehatan di musim pancaroba

Sabtu, 15 Januari 2022 | Sabtu, Januari 15, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-15T08:59:36Z


Karya Fabyan Ottmar Zaidan

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Fikes UHAMKA


Musim pancaroba adalah peralihan antara musim penghujan dengan musim kemarau. Ini menyebabkan cuaca kadang mendung, hujan, berangin, atau bahkan sangat panas.

Cuaca yang tidak menentu ini biasanya akan mengundang bakteri dan virus untuk menyebabkan infeksi pada tubuh. Mulai dari pilek, flu, batuk hingga sakit tenggorokan. Meskipun semua penyakit tersebut dapat diobati dengan mudah, gejala yang ditimbulkan tetap saja mengganggu kenyamanan Anda untuk beraktivitas.

 

Ada banyak sekali hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehata di musim pancaroba ini, salah satu nya dengan banyak meminum air putih minimal 8 liter per hari, menjaga agar kebutuhan asupan  air tetap terpenuhi salah satunya dengan gaya hidup sehat. Saat di masa seperti ini, beberapa virus dan bakteri mulai cepat  menyerang tubuh kita . Alhasil, Anda akan jadi lebih mudah jatuh sakit.

Akibat hal ini, tubuh harus memiliki daya tahan yang optimal. Jika tidak, maka tubuh kesulitan beradaptasi dengan baik terhadap perubahan cuaca. Kamu jadi rentan terserang penyakit. Nah, begini tips menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba. Berikut adalah tips menjaga Kesehatan di musim pancaroba :

1.     Banyak Makan Makanan Bergizi. Pola makan yang sehat dapat membantu meningkatkan sekaligus menjaga sistem imun tubuh. ...

2.     Istirahat yang Cukup. ...

3.     Rajin Olahraga. ...

4.     Minum Air Putih. ...

5.     Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar. ...

6.     Menjaga Kebersihan Tubuh.

 

Kamu juga wajib menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar kamu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa menerapkannya dengan cara rutin cuci tangan pakai sabun selama 20 detik, dan membersihkan area tempat tinggalmu.

Jika masih ada sampah yang bertumpuk di selokan, segera bersihkan. Jangan lupa juga ikat rapat-rapat semua sampah serta menutup tempat penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk. Tempat yang kotor akan menjadi rumah bagi hewan-hewan pembawa virus dan bakteri. Ini tentu saja membuat kamu mudah terserang penyakit.

Nah mulai sekarang ayo perhatikan diri kalian sendiri dan lingkungan di cuaca seperti ini, lingkungan yang sehat akan otomatis menjadikan tubuh kita juga sehat.

 

×
Berita Terbaru Update