Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PGSD Uhamka Berdayakan Keluarga Dhuafa dengan Modal Usaha

08 Januari 2022 | Sabtu, Januari 08, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-08T10:09:22Z

 


Serambiupdate.com Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka (Alfiah Aulia Putri, Febiyanti Tiara Suci, dan Tasya Humaira Azzahra)  lakukan pemberdayaan Keluarga Dhuafa di Jalan Profesor Muhammad Yamin, Durenjaya, Bekasi Timur pada Jumat (07/01).


Pemberdayaan berupa penyaluran modal usaha berjualan gorengan senilai Rp. 2.050.000 yang didapatkan dari penggalangan dana selama 2 bulan melalui instagram, facebook, wa dan juga membuat proposal.


Tim mahasiswa memberikan modal berjualan berupa peralatan membuat gorengan dan bahan pokok membuat gorengan.

Alfiah selaku tim penggalangan dana menuturkan, “Kami sangat berterimakasih kepada seluruh donatur yang sudah ikut membantu dalam kegiatan pemberdayaan ini.


Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu Ibu Eddah sebagai tulang punggung keluarga yang  menghadapi pandemi Covid fase varian baru (omricon). Ibu Eddah merupakan sosok tulang punggung keluarga yang berprofesi sebagai pemulung bersama anak ke-4nya. Suami beliau sudah lama sakit dan tidak bisa bekerja kembali, 3 anaknya telah berumah tangga sementara 1 anak duduk dibangku SD kelas 6..


Setiap hari pendapatan Ibu Eddah tidak menentu. Jika hasil memulung tidak mencukupi, beliau terpaksa menghutang untuk berjualan gorengan. Keuntungan penjualan gorengan digunakan untuk membeli beras. Ibu eddah masih memiliki harapan agar anaknya melanjutkan ke jenjang SMP.


Ibu Eddah mengungkapkan rasa syukur kepada tim mahasiswa.

“Terimakasih banyak neng, semoga Allah  melipatgandakan apa yang neng berikan kepada saya dan keluarga, Alhamdulillah saya sudha emmeiliki modal sendiri dalam berjualan, terimakasih banyak ya neng.” Tuturnya.

 

Pemberdayaan kaum dhuafa berbentuk kegiatan sosial yang berlandaskan pada surah Al-Maun. Makna dari surah tersebut menganjurkan kita sebagai seorang muslim harus saling membantu sesama manusia untuk dapat hidup secara baik dan layak. Pemberdayaan dapat dipilih sebagai penerapan saling membantu yang tercantum dalam surah Al-Maun. Banyak sekali pelajaran yang dipetik dari kegiatan pemberdayaan. Mulai dari bersyukur atas apa yang dimiliki, lalu saling tolong menolong dan maish banyak lagi.

 

“Saya bersyukur bisa ikut terlibat dalam kegiatan pemberdayaan ini, dengan adanya kegiatan pemberdayaan ini sangat membantu pihak seperti keluarga Ibu Eddah” Ucap Tasya Humaira

 

 

 

 

 

 

 

=