Notification

×

Iklan

Iklan

FAI Uhamka Edukasi Guru untuk Kembangkan Pembelajaran Berbasis Digital

Kamis, 13 Januari 2022 | Kamis, Januari 13, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-13T07:34:34Z


Serambiupdate.com
 Fakultas Agama Islam UniversitasMuhammadiyah Prof DR HAMKA (FAI Uhamka) telah melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat yaitu Pelatihan Penggunaan Educandy sebagai Game Edukatif pada Senin, 10 Januari 2022 di SDS Muhammadiyah 08 Plus. Kegiatan ini digawangi oleh Muhammad Arifin Rahmanto selaku Dosen Uhamka sekaligus narasumber, Dr.Bunyamin selaku Dosen Uhamka. Kegiatan ini juga dibantu oleh Kiky Noviyanti dan Dimas Fatur Rahman selaku fasilitator dari kegiatan ini.

Kegiatan Pelatihan Penggunaan Educandy Sebagai Game Edukatif ini diadakan sebagai bukti dari keseriusan FAI Uhamka dalam menerapkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang dikembangkan untuk menjadi keberhasilan tenaga pendidik dalam menciptakan generasi penerus yang berguna bagi bangsa dan agama.

Sekolah SD Muhammadiyah 08 Plus yang diwakili oleh Evi Diana Riyanti, S.Ag sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. Pelatihan ini sangat berguna dan dapat mengedukasi pada guru untuk terus berinovasi dalam mengembangkan kemampuannya dalam dunia digital. Yang nantinya akan diimplementasikan kepada pengajaran untuk peserta didik.

Target dalam pelatihan ini adalah para guru yang mengajar di SDS Muhammadiyah 08 Plus. Dalam kegiatan ini para guru diberikan pemahaman tentang pentingnya media digital dalam pembelajaran, selain itu para peserta juga diberikan pengetahuan tentang bagaimana mengembangkan perangkat digital menjadi media pembelajaran yang menyenangkan, yaitu melalui game edukatif.

Muhammad Arifin Rahmanto dalam materinya menyampaikan bahwa media pembelajaran adalah sebuah perangkat yang membantu proses belajara mengajar. Selain itu berguna untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam membuat media pembelajaran seorang guru juga harus dapat berinovasi

“Dalam pembelajaran guru bisa membuat game yang menarik agar anak bisa ceria dengan materi. Selain itu manfaatkanlah teknologi yang ada. Buatlah pembelajaran yang interaktif, yaitu ada komunikasi dengan siswa. Terakhir libatkan mereka dalam proses pembelajaran. Disitulah mereka bisa aktif,”ujar Muhammad Arifin.

Lantas ia menambahkan bahwwa game edukasi adalah suatu jenis media yang digunakan untuk memberikan pengajaran melalui suatu media yang unik dan menarik. Melalui Educandy pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan untuk peserta didik.

Educandy ini adalah sebuah permainan yang dikembangkan masih dalam konteks belajat namun tidak membosankan.Apalagi game ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran tatap muka maupun jarak jauh,” tuturnya.


(DYL)

×
Berita Terbaru Update