Notification

×

Iklan

Iklan

Bentuk TK Aisyiyah Terintergrasi AIK, PG PAUD FKIP Uhamka Adakan Pelatihan

06 Januari 2022 | Kamis, Januari 06, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-06T02:07:40Z

Serambiupdate.com
 Tim Pengabdian Masyarakat PG PAUD FKIP Uhamka yang diketuai oleh Dra. Afni Rasyid M.H dengan anggota Amelia Vinayastri, S.Psi, M.Pd beserta mahasiswa Indah Mursyidah dan Ernawati selenggarakan kegiatan pelatihan dalam mengembangkan potensi serta kualitas guru TK ABA pada hari Kamis, 30 Desember 2021 di TK Aisyiyah 102 Cakung Timur dengan tema Pelatihan Implementasi Kurikulum Terintegrasi Al Islam Kemuhammadiyahan dan Keaisyiyahan Untuk Guru TK ABA Jakarta Timur.

Dra. Afni Rasyid, M.H selaku penyelenggara kegiatan ini menuturkan bahwa tujuan dari diadakannya pelatihan ini yaitu untuk mewujudkan Kurikulum TK Aisyiyah yang terintegrasi AIK.

"Saya harap Kepala Sekolah dan guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal dapat terus berinovasi dan mengintegrasikan pendidikan AIK terutama dalam membangun Karakter Anak Usia Dini” ujarnya.

Sedangkan Dr. H. Sudirman Tamin, M.Ag selaku Ketua PC Muhammadiyah Cakung sangat mengaapresiasi kegiatan ini. 

"Saya amat berterimakasih kepada UHAMKA yang telah turut serta memberikan bantuan akademik kepada TK Aisyiyah 102 Cakung dan mengadakan pelatihan ini sehingga dapat memberikan inspirasi bagi guru-guru TK Aisyiyah Jakarta Timur," tuturnya.

Dra. Hj. Anik Farida, Ketua Pimpinan Ranting Aisyiyah Cakung Timur berharap kegiatan ini dapat menambah semangat dan motivasi guru-guru TK ABA di Jakarta Timur untuk dapat memberikan pengajaran yang lebih baik lagi.

Dra. Afni Rasyid, M.Pd dalam materinya menyebutkan, ada Empat Prisip Pembelajaran yang perlu kita perhatikan dalam Catur Darma Pendidikan Muhammadiyah.

"Pengajaran, Penelitian, Pemberdayaan Masyarakat, dan Al Islam Kemuhammadiyahan. Sebenarnya Al Islam Kemuhammadiyahan inilah poin paling utamanya sebagai landasan karakter dan pola hidup kita sesuai ajaran Islam yang sebenar-benarnya," ujarnya.

Amelia Vinayastri, S. Psi, M.Pd dalam materinya juga mengungkapkan bahwa seorang guru PAUD merupakan acuan bagi muridnya sendiri.

"Kita sebagai guru PAUD adalah Role Model bagi anak kita di sekolah, dan dengan pembelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan/Keaisyiyahan ini tentunya dapat menjadi muatan khusus untuk TK Aisyiyah Bustanul Atfhal," lanjutnya.

Di lain sisi, Wiwik selaku peserta pelatihan mengungkapkan bahwa pelatihan ini banyak membawa inspirasi tentang metode pembelajaran yang kreatif dan sesuai prinsip Anak Usia Dini.


(DYL)




=