Notification

×

Iklan

Iklan

Bahaya Sosial Media

06 Januari 2022 | Kamis, Januari 06, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-06T10:05:02Z


Alam Tri Cahyadi

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Bila mengingat beberapa dekade lalu, media sosial masih belum sepopuler sekarang ini. Bahkan keberadaannya sama sekali tidak terpikirkan oleh masyarakat.


Kondisi berubah seiring perkembangan teknologi, yang menciptakan situs seperti Friendster dan MySpace untuk masyarakat bisa saling bersosialisasi. Setelah itu ada banyak sekali media sosial yang bermunculan, sepertiFacebook. Tentunya keberadaan media sosial ini memiliki pro dan kontra tersendiri karena fitur-fiturnya yang lebih beragam.


Sebagai pelengkap gaya hidup modern, media sosial tentunya mengubah hidup manusia dalam keseharian, dalam bentuk positif maupun negatif. Kehidupan sosial manusia di era internet ini dapat dikatakan semakin mudah. Keberadaan media sosial dalam genggaman membuat interaksi antara satu orang dengan yang lainnya bak tidak terpisahkan oleh jarak. Jarak ribuan kilometer yang memisahkan bukanlah penghalang bagi manusia untuk saling terhubung satu sama lain.


Pesatnya penggunaan media sosial telah memengaruhi cara berpikir kita terhadap teman, kenalan, serta orang asing. Selama ini kita memiliki jaringan sosial yang terdiri atas keluarga dan teman dalam lingkaran sosial. Kehadiran media sosial dalam lingkup teknologi membuat jaringan sosial tersebut menjadi membesar dan berbeda dibanding sebelumnya.


Media sosial membuat orang “masuk” ke dalam jaringan tersebut dengan cara yang sangat mudah dan cakupan yang lebih luas. Salah satu perbedaan terbesar antara jaringan sosial tradisional dengan media  sosial adalah batasan-batasan antara ruangprivat dengan publik, antara sekolah dengan rumah atau pekerjaan dengan rumah, menjadi kabur.


Adapun dampak negative dari social media :

1. Kecanduan

Berbagai kelompok berusaha mempelajari perilaku kompulsif terkait penggunaan media sosial. Kecanduan media sosial adalah merupakan suatu gangguan rahasia dan akan menjadi jenis kecanduan internet. 

2. Berkurangnya rasa percaya diri

Sekarang media sosial dengan filter dan pencahayaan serta sudut cerdiknya berhasil mengambil alih perhatian utama. Situs media sosial membuat lebih dari separuh pengguna merasa tidak percaya diri.


Namun social media juga mempunyai dampak positif, Dampak positifnya adalah:

1. Memastikan keterlibatan yang lebih banyak

Di media sosial apa pun, Anda dapat menemukan tombol bernama “bagikan”. Situs jejaring sosial memberikan opsi kepada semua orang untuk berbagi konten, artikel, atau video yang informatif dengan semua orang. Ini membantu semua orang di dunia untuk menjangkau guru, pelatih dan semua ahli tanpa menghadapi kesulitan apa pun.

2. Merealisasikan potensi

Siapa yang tidak kenal penyanyi terkenal Justin Bieber? Tapi satu hal yang kebanyakan dari Anda tidak tahu adalah bahwa penyanyi itu pertama kali ditemukan di YouTube. Ada banyak artis, penyanyi, penari, dan talenta lain yang muncul yang diakui berkat media social ini.

=