Notification

×

Iklan

Iklan

20 Warga Jabar Positif Covid-19 Varian Omicron, Ridwan Kamil : Belum Ada Penularan Lokal

Selasa, 04 Januari 2022 | 1/04/2022 12:10:00 PM WIB | Last Updated 2022-01-04T05:10:41Z


Serambiupdate.com 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan 20 orang warga Jabar terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron. Emil menyebut puluhan warga tersebut saat ini menjalani karantina di RSDC Wisma Atlet, Jakarta.

"Hari ini, tercatat warga Jabar yang datang dari luar negeri kemudian dikarantina dan diketahui terpapar Omicron ada 20 orang," kata Emil itu di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (3/12).


Emil mengatakan 20 warga Jabar itu terdeteksi varian Omicron usai pulang dari luar negeri. Ia mengklaim tidak ada transmisi lokal yang terjadi di wilayahnya setelah puluhan warga Jabar itu terpapar varian Omicron.



"Omicron belum ada di tanah Jabar per hari ini. Tetapi yang KTP Jabar sekarang karantina di Jakarta ada 20 orang," ujarnya.

"Belum ada penularan lokal karena semua Omicron rata-rata orang bepergian luar negeri, datang ke sini. Beda dari Jatim, kalau di Jatim itu dari Bali terus masuk ke Surabaya. Per berita saya terima, Jabar tidak begitu," kata Emil menambahkan.


Meski belum ada penularan lokal varian Omicron di wilayahnya, Emil menyatakan pihaknya selalu proaktif menyikapinya masalah tersebut.


"Kami bersama komite melakukan perhitungan. 14 hari pasca-Nataru kami asumsikan jika ada berita buruk seperti apa. Maka oksigen semua dipersiapkan, pokoknya semua diulang lah seperti (varian) Delta," ujarnya.


Sebelumnya, total kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia mencapai 152 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 34 orang telah dinyatakan sembuh dan kembali ke rumah masing-masing.



=