Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kompetensi ICT; Tim Dosen FKIP Uhamka adakan Pelatihan untuk Guru

Senin, 27 Desember 2021 | 12/27/2021 05:27:00 PM WIB | Last Updated 2021-12-27T10:27:21Z


Serambiupdate.com
- Tim dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA yang diketuai oleh Cahya Komara dan anggota Silih Warni menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Media Ajar Whiteboard Animation dan Nearpod Bagi Guru-Guru di SMPN 1 Cileungsi Bogor, Jawa Barat secara daring melalui platform zoom meeting pada hari Selasa dan Kamis, tanggal 21 dan 24 Desember


Kegiatan ini didukung penuh oleh Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka dan bekerja sama dengan SMPN 1 Cileungsi Bogor sebagai mitra tempat kegiatan. Pelatihan ini turut melibatkan narasumber eksternal yaitu Widi Sriyanto dari Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta dengan pemberian materi terkait Whiteboard Animation.


Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 kali sebagai wujud kontribusi dan komitmen membantu, mendampingi, dan mendukung peningkatan kompetensi ICT guru-guru disana. 


Kegiatan hari pertama diawali oleh pemaparan materi dari Silih Warni tentang pentingnya pembelajaran mandiri (otonom) dan kaitannya dengan pembelajaran daring dan blended saat ini. Kemudian, kegiatan dilanjutan dengan pemberian materi tentang Whiteboard Animation (Videoscribe) oleh Widi Sriyanto. 


Pada hari kedua, Cahya Komara turut berbagi pengalaman dan penggunaan singkat software Nearpod yang menjadi alternatif media pengajaran digital bagi guru-guru SMPN 1 Cileungsi Bogor. Kemudian, guru-guru SMPN 1 Cileungsi Bogor mempresentasikan atau menampilkan hasil pembuatan video animasinya yang direview langsung oleh Widi Sriyanto.


Salah satu peserta pelatihan yaitu Bani Ikhwanul Fadil menyatakan, “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur Tim Dosen FKIP Uhamka kembali mengadakan kegiatan pelatihan bagi teman-teman guru di SMPN 1 Cileungsi Bogor”. 


Bani Ikhwanul Fadil menambahkan “Kami selalu haus akan pengayaan keilmuan khususnya seputar ICT yang terus berkembang dan menjadi solusi dalam membantu memaksimalkan pembelajaran daring saat ini”, pungkasnya.


Dwi Julianti turut mengungkapkan bahwa “Walau saat ini pembelajaran di SMP kami sudah mulai tatap muka terbatas, namun kami harus siap dan mengantisipasi jika suatu waktu pandemic Covid-19 kembali merebak, dan proses pengajaran serta pembelajaran menjadi full daring kembali. Pelatihan Whiteboard Animation dan Nearpod ini sangat mencerahkan kami dalam penggunaan media ajar digital yang variatif”, tuturnya.


Semoga kegiatan ini bermanfaat dan memberi keberkahan bagi pengembangan kompetensi ICT guru-guru di SMPN 1 Cileungsi, Bogor Jawa Barat.

(ADP)

=