Notification

×

Iklan

Iklan

Upaya Penyetaraan Standar Lembaga Pendidikan Berkualitas Internasioanal

Kamis, 11 November 2021 | Kamis, November 11, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-11T08:11:20Z


Serambiupdate.com
Lembaga Pendidikan pertama yang mengaplikasikan standar mutu ISO 21001:2018 di Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah ialah SMK Pariwisata Telkom Bandung yang diberada dalam naungan Yayasan Telkom.


Proses pengaplikasian ini dimulai dari pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) yang dilaksanakan pada Selasa (9/11).


ISO 21001:2018 merupkan salah satu tumpuan bagi sistem mutu untuk mengelola lembaga pendidikan yang berstandar internasional. Nanti sertifikasi ISO 21001:2018 akan dilaksanakan secara serentak pada tiga bulan pertama di tahun 2022.


Yati Rohayati, Pimpinan Tim dari Telkom University mengatakan, "Penerapan  ISO 21001:2018 ini diharapkan nantinya akan mempermudah sekolah untuk membangun sistem mutu layanan pendidikan yang lebih baik lagi dan juga agar penerapannya dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan menganut standar mutu yang diakui dunia internasional."


Nantinya ada 12 SMK Telkom yang tersebar di Indonesia akan mengikuti sertifikasi, dan SMK Pariwisata Telkom Bandung terpilih sebagai kepala project dalam menjalankan sertifikasi serentak ini.


Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu usaha bagi Lembaga Pendidikan untuk menyetarakan diri dengan Lembaga Pendidikan berkualitas internasional lainnya.


Nantinya dalam kegiatan penerapan ISO 21001:2018 SMK Telkom Pariwisata Bandung akan diarahkan oleh tim Telkom University melalui Program Pengabdian Masyarakat Fakultas Rekayasa Industri.


Pendampingan proses penyusunan dokumen sistem mutu dan pengawalan dalam implementasinya, menjadi salah satu dukungan yang diberikan kepada SMK Pariwisata Telkom Bandung.


Walau dalam masa pandemi tidak melemahkan semangat dari tim kerja internal yang telah diberi tanggung jawab untuk menjalani persiapan implementasi yang sudah berlangsung sejak awal tahun.


Yati Rohayati menambahkan, "ISO 21001 menjadi langkah Lembaga Pendidikan untuk meningkatkan layanan secara berkelanjutan, sehingga SMK Pariwisata Telkom Bandung dapat menunjukkan komitmen kepada masyarakat dan industri, sebagai penerima manfaat, dalam memberikan layanan terbaiknya."

×
Berita Terbaru Update