Notification

×

Iklan

Iklan

Plastik

Sabtu, 20 November 2021 | Sabtu, November 20, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-19T17:55:21Z


Karya Azwar Rifa'i

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka

Istilah plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Plastik terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan kualitas plastik.

Plastik di perkenalkan pertamakali oleh Alexander Parkes pada sebuah ekspedisi internasional di London, Inggris pada tahun 1862,yang di sebut Parkesine, yang terbuat dari bahan organik, selulosa. 

Pada abat 1907 di temukan bahan yang bernama sintesis oleh ahli kimia Leo Baekeland, beliau mengembangkan resin yang di beri nama Bakelite 

Pada tahun 1933, Ralph Wiley, seorang pekerja lab di perusahaan kimia Dow, secara tidak sengaja menemukan plastik jenis lain yaitu Polyvinylidene Chloride atau populer dengan sebutan Saran.plastik inilah yang menjadi semakin populer, dan saat ini digunakan untuk membuat botol minuman, jerigen, tas belanja atau tas kresek, dan kontainer untuk menyimpan makanan.

Dulunya plastik di tujukan untuk mengurangi penggunaan kantong yang terbuat dari kertas, untuk menekan angka penebangan pohon akibat di jadikan bahan untuk pembuatan kantong kertas, namun sekarang plastik menjadi ancaman bagi seluruh makhluk hidup di bumi, yang di akibatkan karena penguraian sampah pelastik yang membutuhkan waktu 20 hingga 1000 tahun, hal ini lah yang menjadikan plastik menjadi limbah terbersar kedua setelah limbah industri. 


×
Berita Terbaru Update