Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Makan Buah dan Sayur

Sabtu, 13 November 2021 | Sabtu, November 13, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-13T01:34:41Z


Nana Istiqomah 

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka 


Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa makan buah dan sayur setiap hari menawarkan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.Bahkan, badan kesehatan dunia WHO sudah sejak lama mengkampanyekan konsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap hari (disebut 5 a Day). Bagaimana tidak, kedua jenis makanan ini mengandung zat gizi vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Adapun manfaat umum dari konsumsi buah dan sayur setiap hari meliputi:

1.         1menurunkan tekanan darah,

2.       2. memelihara kesehatan usus,

3.       3.  mencegah sembelit,

4.       4.  melancarkan sistem pencernaan,

5.       5.  menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas,

6.       6melindungi tubuh dari penyakit diabetes, serta

7.       7.  mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan sejumlah kanker.

 

Padatnya aktivitas terkadang membuat kita lupa atau tidak sempat untuk mejaga kesehatan. Terlebih lagi bila aktivitas sehari-hari kita banyak dihabiskan dengan kurang bergerak seperti duduk menatap layar komputer dan ditambah dengan seringnya memakan makanan cepat saji seperti junk food, gorengan atau cemilan yang banyak mengandung bahan pengawet.

 

Mungkin dampaknya tidak akan terlihat secara langsung, tapi baru akan terlihat nanti setelah beberapa tahun kemudian dengan terkena berbagai macam penyakit yang tentunya tidak kita inginkan. Untuk mengurangi risiko tersebut, mulai dari sekarang kita harus menyempatkan diri untuk menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan rajin mengonsumsi makan-makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan.

 

Berikut beberapa sayur dan buah-buahan yang bisa kita dapatkan di sekitar untuk dikonsumsi serta kandungannya yang dapat membantu menjaga kesehatan kita:

 

1. Wortel

Sayur yang paling disukai oleh kelinci ini merupakan sayuran yang kaya akan pro-vitamin A karoten dan senyawa antioksidan, kandungannya ini dapat membantu penglihatan kita. Selain itu, wortel juga dapat membantu melindungi dari penyakit kanker tertentu serta penyakit jantung.

 

2. Bayam

Berbagai kandungan yang terdapat pada bayam serperti vitamin A, vitamin K, vitamin B, vitamin E, folat, magnesium, mangan, besi, dan kalsium tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Semua nutrisi tersebut dapat membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit seperti radang sendi, kanker usus, penyakit jantung, dan osteoporosis.

 

3. Brokoli

Dengan mengonsumsi brokoli dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dan K. Selain itu kandungan lainnya yaitu indoles dan sulforaphane memiliki efek yang signifikan terhadap anti kanker.

 

4. Apel

“An apple a day keeps the doctor away”. Buah apel yang mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan yang dapat menurunkan kemungkinan terkena diabetes dan asma.

 

5. Anggur

Buah yang mengandung resveratrol, antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah dan juga mengurangi tekanan darah tinggi.

 

6. Pepaya

Enzim yang terkandung didalam buah pepaya, Papain, terkenal dapat membantu melancarkan pencernaan.

 

Mengatur pola makan dengan makan-makanan yang lebih bergizi tentunya sama saja seperti sebagai #BekalHidupSehat dan mengurangi kemungkinannya terkena berbagai penyakit di masa depan. Selain itu, perlu juga melengkapi #BekalHidup dengan perlindungan asuransi Panin Dai-ichi Life yang siap sedia menemani kita di setiap tahap kehidupan.


×
Berita Terbaru Update