Notification

×

Iklan

Iklan

Pelajaran Tentang Keluarga dalam Serial Reply 1988

Jumat, 12 November 2021 | Jumat, November 12, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-12T04:44:17Z


Windy Oktaviani 

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Reply 1988 adalah drama Korea (drakor) yang tayang pada 2015-2016. Reply 1988 menempati urutan ke-4 dalam daftar drama yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah TV kabel di Korea.


Reply 1988 digemari banyak orang karena kisahnya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, banyak pelajaran mengenai kehangatan keluarga serta persahabatan yang bisa diambil dari drakor besutan sutradara Shin Won-Ho ini.


Sinopsis Reply 1988

Drama ini bercerita tentang persahabatan lima remaja SMA beserta keluarga mereka yang hidup bertetangga di Ssangmun-dong, distrik Dobong, Seoul bagian utara.


Dengan latar tahun 1988, Duk Seon, Sun Woo, Dong Ryong, Taek, dan Kim Jung-Hwan (diperankan Ryu Jun-yeol) adalah teman sejak kecil. Mereka tumbuh bersama dan keluarga mereka juga dekat satu sama lain.


Latar belakang keluarga mereka cukup berbeda, ada yang miskin, ada yang tiba-tiba menjadi kaya karena menang lotre, dan sebagainya. Namun hal tersebut tak memengaruhi persahabatan mereka.


Kamar Taek menjadi basecamp mereka untuk berkumpul dan melakukan segala hal yang mereka sukai. Dari belajar bersama, makan mi instan, baca buku, hingga nonton bareng semuanya mereka lakukan di kamar Taek.


Di kemudian hari, lima sekawan ini akan menjadi orang sukses di bidang masing-masing. Selain karena bakat yang mereka miliki, dukungan orangtua serta teman terdekat juga membantu mereka mengembangkan potensi terbaik mereka untuk meraih kesuksesan.


Jung Hwan berhasil menjadi pilot pesawat tempur, Sun Woo yang sejak dulu rajin belajar berhasil menjadi dokter, sementara Dong Ryong menjadi pebisnis kuliner yang sukses, Duk Seon jadi pramugari dan Taek yang tidak sekolah berhasil jadi juara dunia Baduk (permainan papan seperti catur dari cina).


Kisah cinta segitiga Duk Seon, Taek, dan Jung Hwan menambah greget serial yang berakhir pada 16 Januari 2016 tersebut.


Pelajaran tentang keluarga


Banyaknya pesan tentang keluarga yang ada dalam drama ini, membuatnya cocok ditonton bersama suami, anak remaja, hingga mertua. Lalu, apa saja pelajaran tentang keluarga dari drakor Reply 1988?


  • Konsep tolong menolong dan berbagi kepada sesama

Drama ini mengajarkan kita agar tak pernah ragu dalam menolong sesama dan berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Terutama bagi orang-orang terdekat dengan kita, yang butuh dukungan semangat untuk mengejar mimpi dan meraih cita-cita.


Lima keluarga yang hidup bertetangga ini sering sekali berbagi makanan. Walaupun harganya tak seberapa, namun nilai kekeluargaan yang dijalin dari keinginan memberi ini sungguhlah tak ternilai.


  • Pentingnya keterbukaan dalam keluarga

Komunikasi, kejujuran, dan keterbukaan di dalam keluarga adalah hal yang sangat penting. Hal ini juga diajarkan melalui drama yang mendapat rating tinggi selama penayangannya ini.


Keterbukaan anak kepada ibu, tentang hal sepele sekalipun, akan membuat orangtua merasa senang karena anak mau berbagi tentang perasaannya. Hal ini juga akan membuat hubungan emosional antara orangtua dan anak menjadi lebih dekat.


  • Ibu rumah tangga adalah pekerjaan sulit yang tak bisa diremehkan

Dalam banyak masyarakat, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga adalah hal yang lumrah dilakukan oleh perempuan. Dan profesi IRT dianggap tak memiliki kesulitan sama sekali karena hanya berada di rumah saja.


Nyatanya, tidaklah demikian. Ibu rumah tangga adalah pekerjaan paling sulit di dunia, jam kerjanya 24 jam sehari, 7 hari seminggu, tanpa gaji, tanpa cuti.


Menjadi ibu rumah tangga harus siap merangkap sebagai akuntan keluarga, manajer operasional di rumah, koki, guru, konselor, dan sebagainya.


Hal inilah yang ingin digambarkan dalam drama ini, betapa pentingnya sosok ibu di dalam rumah. Karena ketika sehari saja tak ada sosok ibu rumah tangga di dalam sebuah rumah, pastinya tidak akan ada yang berjalan dengan baik di rumah tersebut.


  • Membela saudara saat diperlakukan tidak adil oleh orang lain

Siapa yang tidak sakit hati jika saudaranya disakiti oleh orang lain. Hal ini terlihat ketika Duk Seon menjambak rambut orang yang telah menyakiti adiknya.


Selain itu, adegan yang juga tak kalah menyentuh ialah ketika Jung Bong, kakak dari Jung Hwan baru saja selesai operasi. Ketika sadar yang ia tanyakan pertama kali adalah keadaan adiknya. Kedua kakak beradik ini punya penyakit bawaan–Jung Hwan sering mimisan dan Jung Bong menderita penyakit jantung.


  • Jangan pernah menyerah meraih mimpi

Pesan penting lainnya dari drama ini ialah, meskipun latar belakang kita dari keluarga yang kurang berada, namun impian tak boleh dilepaskan. Apalagi jika ada keluarga dan sahabat yang selalu mendukung kita untuk meraih impian tersebut.


Saat terpuruk karena jalan yang ditempuh dalam meraih mimpi ternyata sulit, ada sahabat dan keluarga yang menyemangati, juga membantu mencari solusi.


Bahkan sedikit perhatian dan rasa persaudaraan akan sangat membantu seseorang yang merasa terpuruk untuk kembali bangkit dan berjuang lagi.


×
Berita Terbaru Update