Notification

×

Iklan

Iklan

Menjaga Kesehatan Mental Di Masa Pandemi

Jumat, 12 November 2021 | Jumat, November 12, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-12T11:59:53Z


Rashika Rahma Alia

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Mental health atau kesehatan mental merupakan penyakit mental yang meninggalkan dampak yang besar pada seseorang. Gangguan mental ini dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stress dan menimbulkan hasrat untuk menyakiti diri sendiri. Ada beberapa jenis gangguan mental antara lain depresi, kecemasan berlebihan, gangguan bipolar, gangguan stres pasca trauma (PTSD), gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan psikosis. Penyebab gangguan kesehatan ini bermacam-macam seperti stress yang berkepanjangan atau kekerasan dalam rumah tangga dan trauma dengan suatu kejadian. Gangguan mental ini rentan dialami oleh perempuan.


Ada beberapa cara supaya menjaga kesehatan mental agar tetap dalam keadaan yang baik seperti, mengurangi asupan berita, membaca informasi atau berita memang diperlukan, namun jangan sampai hal itu membuat cemas. Kemudian habiskan waktu bersama keluarga, sejak pagi hingga sore hari aktivitas selalu padat, caranya dengan menghabiskan waktu bersama keluarga ketika waktu makan tiba dan di akhir pekan dengan berbincang, melakukan permainan seru, atau menghubungi saudara dengan aplikasi video call. Cara menjaga kesehatan mental lainnya seperti bercerita, kalau merasa tidak nyaman pada hal tertentu dan sudah ditahap mengganggu aktivitas, bisa berbagi cerita kepada orang-orang yang dipercaya. Baik itu keluarga, teman dekat, bahkan psikolog. Dengan berbagi cerita, pasti akan merasa lega dan setidaknya suasana hati akan menjadi lebih tenang.


Menurut saya kunci dari kesehatan mental ini adalah komunikasi. Satu lagi yang ingin saya sampaikan, mungkin hampir semua masyarakat mulai sadar akan pentingnya kesehatan mental ini tapi itu semua tidak cukup. Masyarakat masih butuh pemahaman yang lebih dalam agar isu tentang kesehatan mental ini supaya bisa lebih mengerti. Hal inilah yang perlu dikembangkan Indonesia agar tidak ada lagi masyarakat yang bermasalah dengan kondisi mentalnya.

×
Berita Terbaru Update