Notification

×

Iklan

Iklan

Kegemaran Masyarakat dalam Berbelanja Online

Sabtu, 13 November 2021 | Sabtu, November 13, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-13T05:25:22Z


Salma Isti Qomah Ali

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Pada masa era digital seperti ini, siapa yang tidak kenal dengan belanja online atau biasa disebut dengan online shop, hampir semua kalangan mengetahuinya. Belanja online dapat memenuhi hampir semua dari kebutuhan kita, karna penjualnya berasal dari berbagai kota bahkan sampai luar negeri. Online shop sangat memudahkan kita dalam masalah belanja pada masa pandemi seperti sekarang ini. Apalagi sejak pandemi covid-19, masyarakat lebih memilih berbelanja melalui aplikasi online shop dari pada harus datang ketempatnya yang mungkin jaraknya jauh, dan pada masa pandemi saat ini kita diharus untuk menjaga jarak demi memutus rantai penularan virus. Maka dari itu belanja online merupakan salah satu cara yang tepat agar kita tidak terkena covid-19.


Belanja online juga sangat menguntungkan, karena terkadang kita bisa mendapatkan promo atau  potongan harga yang lumayan besar hingga 50 % dari harga tersebut. Dan juga berbelanja online sangat mudah, karna kita hanya diam di rumah dan pesan melalui aplikasi online shop sesuai yang kita mau, lalu kurir yang akan mengantarkan barang tersebut kepada kita. Di online shop juga saat ini menyediakan makanan cepat saji, frozen food, buah dan sayuran segar, ikan sampai berbagai macam daging, sudah seperti pasar pada umumnya bukan. Jika masih ada masyarakat yang belum mengetahui cara menggunakan aplikasi online shop untuk berbelanja online, bisa mencari tahunya melalui internet, seperti google dan youtube. Dalam era digital seperti ini sangatlah mudah untuk mencari informasi, tinggal kitanya saja yang dapat memilih mana yang baik dan man yang tidak baik.


Untuk transaksi terdapat beberapa pilihan yang memudahkan kita dalam berbelanja online. Pilihan tersebut antara lain ada COD (Cash On Delivery) bisa dibilang bayar ditempat, saat pesanan tersebut datang kita baru membayarnya kepada kurir. Bisa juga melalui mini market terdekat, kita hanya memberi tahu kode pembayaran kepada kasir mini market dan membayar sesuai harga barang yang kita pesan. Lalu bisa dengan kartu kredit, transfer ATM, dan masih banyak lagi cara yang dapat kita gunakan untuk memudahkan dalam melakukan transaksi belanja online.


Aplikasi online shop saat ini sudah semakin banyak macamnya, seperti ; shoppe, toko pedia, lazada, zalora, sociolla, buka lapak, dan masih banyak lagi. Tetapi dalam belanja online juga ada kekurangannya seperti kita tidak dapat melihat secara langsung saat berbelanja dan hanya bisa melihat produk tersebut melalui gambar, jadi kita tida mengetahui barang tersebut terdapat kecacatan atau tidak, jika berbelanja pakaian juga kita tidak mengetahu pakaian tersebut pas dengan badan kita atau tidak dan juga warnanya terkadang tidak sesuai dengan yang kita harapkan, dalam belanja online jangan sampai seperti istilah membeli kucing dalam karung. Ada juga kekurangan dalam pengiriman yaitu lamanya barang sampai, apalagi jika ada diskon yang besar seperti saat angka kembar, dan event-event lainnya. Maka dari itu teliti dan berhati-hatilah dalam berbelanja online agar kita tidak tertipu oleh online shop penipu. Pandai-pandailah dalam berbelanja online. Dan juga harus sabar menunggu kedatangan pesanan kalian. 

×
Berita Terbaru Update