Notification

×

Iklan

Iklan

"Budaya Asing dalam Kacamata Anak Muda"

Minggu, 14 November 2021 | Minggu, November 14, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-14T13:06:26Z

Dyah Safriaturahmah

Mahasiswa Uhamka

Tren budaya asing kini kian merebak budaya- budaya asing mulai menyebar ke berbagai belahan dunia .Khususnya dunia remaja terutama tren budaya kpop di ranah remaja. Masyarakat khususnya untuk kalangan anak muda, saat ini mereka lebih menggemari film-film barat dan drama Korea. Menurut saya, adanya film-film asing ini menyebabkan timbulnya pemujaan berlebihan atas budaya barat dan Korea. 

Teknologi canggih dari film barat serta selebriti yang cantik dan tampan yang ditampilkan dalam film membuat anak muda melihat diri mereka sendiri dengan kacamata serba ketidakcukupan karena mereka membandingkan dirinya dengan apa yang mereka lihat di layar kaca. 

Mereka menjadi rendah diri, mereka merasa tidak cukup rupawan, tidak cukup modis, tidak cukup kekinian, dan lain-lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Cara berpikir ini juga membuat anak-anak muda cenderung memuja selebriti-selebriti Amerika dan Korea secara berlebihan dan berdampak ke dalam kehidupan mereka. Anak-anak muda cenderung menjadikan gaya rambut, gaya berpakaian, merk-merk barang yang digunakan, hingga anatomiwajah para selebriti menjadi standar untuk diri mereka sendiri. 


Akibat paling parah dari standar diri yang tidak wajar ini adalah ada yang mengubah secara total wajah mereka dengan teknologi operasi bedah plastik dan implan supaya wajah mereka tampak seperti aktor Hollywood maupun aktris drama Korea yang menjadi panutannya. Memang mengidolakan ssuatu itu wajar dan tidak mungkin kita mempunyai idola atau kesukaan ,Tapi kita harus bijak dalam mengidolakan suatu hal jangan terlalu berlebihan.


×
Berita Terbaru Update