Notification

×

Iklan

Iklan

Pro dan Kontra Adanya Penerapan E-Parkir

30 Oktober 2021 | Sabtu, Oktober 30, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-30T03:19:06Z


Dewinda Salwa Zaliyanti

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Parkir merupakan sarana yang sangat di butuhkan masyarakat. Fasilitas parkir dibangun bersama-sama dengan kebanyakan gedung, untuk memfasilitasi kendaraan pemakai gedung. Termasuk dalam pengertian parkir adalah setiap kendaraan yang berhenti pada tempat-tempat tertentu. Fasilitas parkir bertujuan untuk memberikan tempat istirahat kendaraan dan menunjang kelancaran arus lalu lintas (Departemen Perhubungan Darat, 1998). Pada kota-kota besar area parkir merupakan suatu kebutuhan bagi pemilik kendaraan. Seiring dengan kemajuan teknologi yang serba digital di zaman sekarang ini diberbagai kota sudah banyak menggunakan parkir elektronik (E-Parkir). E-parkir adalah sistem pengelolaan retribusi parkir secara elektronik, menggunakan uang elektronik seperti system pembayaran pada tol, tidak menggunakan uang tunai. Namun adanya parkir elektronik ini ada kelebihan dan kekukarangan dari kebijakan ini.


Manfaat dan tujuan adanya penerapan ini adalah mempermudah membayar karena hanya menggunakan kartu uang elektronik dan menempelkan nya ke mesin seperti mesin ATM. Menerapkan parkir yang aman, nyaman dan praktis. E-Parkir dimaksudkan untuk mengurangi juru parkir liar. Penerapan e-parkir ini pun mencegah untuk kehilangan struk/kertas parkir yg menyebabkan denda bagi yang menghilangkan nya, Dengan adanya sistem tersebut bisa mengurangi kerugian atas kehilangan struk.


Bicara tentang pro dan kontra tentang penerapan ini, tentu saja ada yang berpendapat kontra terhadap sistem tersebut. Kemungkinan tidak semua orang mengetahui dimana saja tempat yang menggunakan e-parkir dan ada pula yang tidak terlalu mengerti bagaimana cara menggunakan nyaa. Seperti pengalaman saya sendiri Ketika hendak pergi ke suatu tempat dan ternyata tempat tersebut menggunakan system e-parkir yang menggunakan e-money dan kartu uang elektronik lain nya, karena saya tidak mengetahui dari awal kalau tempat tersebut menggunakan e-parkir dan menyebabkan saya tidak bisa parkir ditempat tersebut sampai mencari ditempat lain dan jalan kaki menuju tempat tujuan saya. Hal ini bisa menyusahkan bagi orang orang yang awam terhadap perkembangan teknologi. serta kurangnya kesadaran masyarakat untuk memiliki e-money.


Tetapi setelah di lihat lihat Kembali ternyata jika kita sudah memiliki kartu uang elektronik itu akan mejadi mudah. Jika Sebagian besar masyarakat sudah memiliki kartu tersebutn proses untuk keluar tempat parkir pun akan lebih cepat. Tidak apa ap ajika harus repot diawal, asal kedepan nya akan jauh lebih mudah, dan tidak perlu repot menyiapkan uang dan menunggu. Tetapi semoga Sebagian pun masih ada yang menggunakan parkir manual/karcis untuk jaga jaga masyarakat yg belum menggunakan kartu atau yang belum tau info.

=