Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Membuang Sampah pada Tempatnya

28 Oktober 2021 | Kamis, Oktober 28, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-28T14:00:15Z

 Silvi Miranti

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES UHAMKA


Sampah menurut WHO (World Health Organization) merupakan suatu materi yang tidak digunakan, tidak terpakai, tidak disenangi, atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan manusia. Menurut saya, Sampah adalah barang atau sisa makanan yang sudah tidak terpakai lagi, siapa si yang tidak  tahu apa arti sampah. Banyak sampah yang bertebaran dimana-mana. 

Masih banyak sekali orang-orang yang membuang sampah sembarangan baik dari kalangan dewasa, orangtua, maupun dari kalangan anak-anak. Bahkan saking seringnya orang-orang membuang sampah, hal tersebut  menjadi kebiasaan dan sudah terbiasa jika membuang sampah sembarangan, padahal tempat sampah atau TPS (Tempat Pembuangan Sampah) sudah disediakan masih saja ada sekumpulan orang orang yang membuang sampah sembarangan.  

Misalnya saja  satu orang dapat menyumbang sampah sebanyak 0,7kg perhari dan misal sebanyak 100 orang yang membuang sampah pada tempatnya berarti total ada 70kg itu yang membuang sampah pada tempatnya, kita tidak tahu berapa orang yang membuang sampah sembarangan tapi saya yakin dalam sehari pasti kita bertemu dengan satu orang yang membuang sampah sembarangan entah itu sampah daur ulang atau sampah non daur ulang. Apalagi kalau sampah sudah menumpuk dan bertebaran dimana-mana, memang benar ada petugas kebersihan atau orang yang mengurus hal tersebut tetapi masa iya kita harus menunggu petugas kebersihan yang membersihkannya kalau bisa kita buang pada tempatnya kenapa tidak? Sampah yang menumpuk dan bertebaran dimana-mana dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, Parahnya lagi kalau membuang sampah disungai yang akan menyebabkan banjir atau berbagai macam masalah baru.

Maka dari itu pentingnya kita untuk menbuang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan dan lingkungan agar bersih dan terhindar dari berbagai penyakit. Kita bisa mengubah kebiasaan itu dengan cara meningkatkan rasa kepeduliaan dengan lingkungan sekitar. kalau bukan kita yang menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya siapa lagi. Mulailah dari diri kita sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.


=