Notification

×

Iklan

Iklan

Pengaruh Transportasi Umum di Indonesia

Senin, 11 Oktober 2021 | 10/11/2021 06:31:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-11T11:31:29Z



Karya Riska Dewi Herawati

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Di masa kini semakin majunya teknologi berpengaruh juga terhadap transportasi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Transportasi umum sudah semakin lumrah di kalangan masyarakat. Masyarakat di Indonesia sudah cukup mudah untuk menggunakan transportasi umum. Pemerintah sebisa mungkin untuk selalu memperbaiki dan membangun yang berkenaan dengan masalah transportasi. Transportasi umum seperti KRL dan transjakarta nyaman dan mudah untuk dipakai. Pengaruh-pengaruh transportasi di indonesia memiliki dampak positif dan negatif di dalamnya.

Ternyata pembaruan dan perbaikan di segala bidang yang berkaitan dengan transportasi umum yang di gembor-gemborkan oleh pemerintah memang sengaja agar masyarakat tertarik dan menggunakannya. Kemudahan dalam mengakses transportasi umum dewasa ini ternyata membuat masyarakat perlahan beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum. Selain mudah tentu saja murah biayanya, bagi masyarakat yang memang aktivitas sehari harinya  harus menggunakan kendaraan tentu saja lebih hemat menggunakan transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi. Apalagi sudah banyak ojek online diluaran sana yang menarif harga murah dan mudah diakses.

Indonesia dewasa ini sudah semakin padat kendaraan  apalagi yang hidup di kota atau di pusat industri dan sekitar ibu kota, macet di perjalanan seperti sudah makanan sehari-hari. Dengan adanya transportasi umum ini sedikit-sedikit membantumu mengatasi masalah itu walaupun memang belum terasa betul. Kenyamanan dan kemudahan pengaksesan transportasi umum ini memang banyak ditemukan di kota-kota besar seperti krl dan transjakarta. Namun banyak daerah yang belum merasakan fasilitas tersebut.

Di daerah-daerah terpencil yang jauh dari pusat kota tidak jarang kita sulit menemukan transportasi umum, bahkan kendaraan pribadi juga jarang. Dikarenakan banyak masyarakatnya yang pindah ke pusat kota untuk mencari pekerjaan. Jadi kita jarang menemukan kemacetan disana. Tapi transportasi umum walaupun jarang namun ada disana  seperti angkot dan lain-lain. 

Di harapkan kemudahan dalam transportasi umum bisa menyeluruh hingga ke pelosok pelosok negeri  ini. Agar masyarakat Indonesia bisa merasakan manfaatnya secara keseluruhan. Jika transportasi nyaman dan aman maka masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi dan dengan itu maka bisa mengurangi penggunaan kendaraan dan kemacetan di negeri ini.


=