Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswi PGSD FKIP Uhamka Melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 di SDN Dukuh 05 Pagi

10 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 10, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-10T01:03:33Z


Serambiupdate.com Mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA yang terdiri dari Isna Maulida, Hany Asmara Agatha, Nur Maya Muthi’ah, Fella Attaqi Kholisunnada, dan Firda Nafilah telah melaksanakan PLP 1 yang dibantu oleh Dosen pebimbing Luthpi Safahi S.Pd, M.Pd 


Program PLP1 merupakan tahapan pertama dalam pengenalan lapangan persekolahan program sarjana pendidikan yang dilakukan pada semester V. Program ini bertujuan untuk membangun landasan jati diri pada seorang calon pendidik yang dimana mahasiswa melakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada pihak sekolah, sehingga para mahasiswa mendapatkan pengalaman kependidikan secara faktual di lapangan dan sebagai wahana untuk mempersiapkan calon pendidik yang professional.


Pada tanggal 28-29 September 2021 kami telah melakukan kegiatan observasi dan wawancara kepada kepala sekolah dan guru pamong serta melakukan dokumentasi di SDN Dukuh 05 Pagi yang terletak di Jln. Dukuh V Rt. 008/004 Kel. Dukuh, Jakarta Timur. Disekolah ini menerapkan kebiasaan baik untuk siswa nya agar terbiasa melakukan kegiatan yang positif seperti melaksanakan sholat dhuha dan sholat zuhur berjamaah, membuang sampang pada tempat yang sudah disediakan, mencuci tangan sebelum makan, dan membiasakan melakukan salam sapa kepada guru serta kepada teman-temannya.


SDN Dukuh 05 Pagi juga memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap dan mendukung kegiatan belajar mengajar. Adapun untuk prasarana seperti adanya perpustakaan, Lab. komputer, ruang UKS, musholah, ruang tata usaha dan lain sebagianya. Selain itu di SDN Dukuh 05 Pagi memiliki beberapa ekstrakulikuler untuk membuat anak aktif, kreatif serta dapat mengembangkan bakat dan minat anak seperti qosidah, mini soccer, marawis, pramuka, voli, tari, menggambar atau mewarnai , vocal serta pantonim. 


Menurut Bu Laely Sobariah S.Pd,  Selaku Guru Pamong SDN Dukuh 05 Pagi  “Pada saat pandemi covid19 metode pembelajaran yang diterapkan di SDN Dukuh 05 Pagi menggunakan metode singkronus dan asinkronus. Dimana metode pembelajaran sinkronus dilakukan secara bersamaan ataupun perorang melalui zoom ataupun video call. Adapun untuk  pengambilan nilai dilakukan dengan cara quiziz dan Google form ataupun tes tulis yang dikirim melalui foto ataupun secara lisan melalui zoom atau video call perorangan” . 


”Adapun beberapa kendala selama proses pembelajaran daring yaitu tidak semua memiliki handphone yang digunakan dalam pembelajaran daring, dalam satu keluarga mereka hanya menggunakan satu handphone milik orang tua mereka, sehingga para siswa tidak dapat menggunakan handphone tersebut . Yang terakhir, mereka para siswa terhambat oleh  kuota internet atau terkendala  jaringan. Oleh karena itu solusi yang dilakukan adalah tugas dikerjakan setelah orang tua pulang kerja. Kemudian siswa diberikan waktu untuk mengerjakan tugas sampai malam. Apabila ada beberapa kendala yang terjadi pada siswa, siswa dapat datang ke sekolah diminta untuk mengumpulkan tugas dengan kesepakatan guru dan orang tua. Setelah itu melakukan home visit dengan menerapkan progress kegiatan yang dilakukan”. Sambung Bu Laely Sobariah S.Pd,

=