Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswi Bimbingan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka melaksanakan Program PLP 1 di SMAN 6 Tanggerang

07 Oktober 2021 | Kamis, Oktober 07, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-07T12:46:50Z


Serambiupdate.com
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka atau Uhamka melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 untuk mahasiswanya dengan tujuan agar mereka dapat memahami dunia persekolahan sehingga bisa menjadi pembelajaran serta pengalaman untuk mereka. Kegiatan PLP 1 ini dilaksanakan ditengah masa pandemic, namun dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan 3M yaitu Mencuci tangan, Memakai Masker, Menjaga jarak, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

 

Oka Putri Lestari, Azani Mila Rahimi Sessa, Fauziah Sholihat, Mega Meilani Wisudawati, Zahira Fikra Fakhrina, Zavira Dwi Puspa. Dalam kegiatan ini, mahasiswa FKIP Uhamka menggali segala informasi yang terjadi di sekolah mulai dari proses belajar, struktur organisasi, tata kerja sekolah, dan peraturan yang ada di sekolah SMAN 6 TANGERANG ini.  Kegiatan kami pun atas izin kepala sekolah yang bernama Bpk. Drs. Arbani, M. Si

 

Dengan kedatangan kami Kepala Sekolah dan Guru Bk menyambut dengan penuh semangat sehingga informasi yang diberikan pun sangat maksimal dan membantu kami dalam observasi sekolah maupun ketika wawancara berlangsung.

 

Dalam proses wawancara, guru BK SMAN 6 Tanggerang mengatakan, “Sekarang pembelajaran di sekolah ini dibatasi, yaitu dengan menggunakan teknis 50% offline dan 50% online.”

 

Pernyataan dari guru BK SMAN 6 Tanggerang menunjukkan bahwa SMAN 6 TAnggerang berhasil lolos melakukan pembelajaran tatap muka. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kegiatan belajar mengajar dapat tetap dilakukan dengan baik, aman, dan maksimal.

 

Kepala sekolah SMAN 6 Tanggerang pun mewajibkan guru BK nya untuk 3 hari datang ke sekolah untuk tetap memantau siswa/siswi nya dalam pembelajaran daring saat ini.

 

Peningkatan kinerja kepala sekolah, guru mata pelajaran, guru bk, maupun staff terlihat dari angka jumlah siswa/siswi nya yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri telah meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Kepala sekolah SMAN 6 Tanggerang mengatakan, “Prestasi masuk perguruan tinggi negeri tahun ini meningkat 76% dari tahun sebelumnya.”

 

Salah satu faktornya yaitu meningkatkan pelayanan dengan baik, seperti siswa yang pintar dan memiliki banyak prestasi mereka pun harus tetap di berikan pelayanan dan arahan yang baik agar minat, bakat, dan potensinya dapat diarahkan dengan tepat dan sesuai. Lalu, selain itu juga kepala sekolah selalu menghimbau kepada guru BK nya agar mengikuti seminar seminar yang dapat menambah wawasan serta dapat meningkatkan mutu pelayanannya kepada siswa/siswi di SMAN 6 Tanggerang.

 

Pembiasaan positif yang dapat membangun dan membentuk karakter siswa/siswi di SMAN 6 Tanggerang ini yaitu guru maupun staff sekolah menyambut siswa/siswinya di pagi hari dengan 5S yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun. Menurut beliau “Karakter Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun itu dibentuk oleh kita untuk kita dan untuk anak-anak kita.”

 

Kepala Sekolah SMAN 6 TANGERANG mengatakan bahwa memiliki Guru Bk lulusan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka sehinga beliau mengatakan bahwa ilmu yang di dapatkan di Universitas Muhammadiyahan Prof. Dr. Hamka sangat baik dengan kinerja Guru Bk yang ada di SMAN 6 TANGERANG ini. Sehingga kehadiran mahasiswi Bimbingan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka disambut hangat oleh Kepala Sekolah SMAN 6 Tanggerang. Dengan perkataan Bapak Kepala Sekolah ini membuat kami percaya diri dan bangga.

=