Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa UHAMKA Melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 di SDN Pademangan Barat 09 Pagi

08 Oktober 2021 | Jumat, Oktober 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-08T14:51:53Z

 




Serambiupdate.com Mahasiswa UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yaitu Nanda Welli Adrian, Puteri Fadhillah Amroh, Rizka Nugrahani, Muhammad Sulistiaji, Eliza Dwi Cahyanti, Adira Fitrinanda Achmad, dan Anggun Ni’ma Qurrota A’yun. Di naungin oleh Dosen Pembimbing Ayu Putri Seruni, S.Pd., M.Pd. Pada tanggal 27 September 2021 telah melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) di SDN PADEMANGAN BARAT 09 PAGI. Dalam kegiatan PLP 1 ini kami mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah penyebaran virus covid-19.


PLP 1 telah terlaksana melalui pengamatan secara langsung, berupa Wawancara oleh pihak sekolah. Kegiatan Wawancara terdapat 2 Narasumber yaitu Bapak Caskim S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Pademangan Barat 09 Pagi dan Ibu Rayhanita S.Pd selaku Guru Pamong Kelas 1 di SDN Pademangan Barat 09 Pagi. 


Kegiatan PLP 1 merupakan Tahapan pertama dalam kegiatan pengenalan lapangan persekolahan dari program sarja pendidikan yang dilaksankan oleh mahasiswa/mahasiswi Semester 5 FKIP UHAMKA. Tujuan dari PLP 1 yaitu untuk menumbuhkan jati diri seorang pendidik dalam beberapa kegiatan disekolah. Seperti pengamatan langsung mengenai (1) Kultur sekolah, (2)Struktur organisasi dan tata tertib sekolah, (3) Peraturan dan tata tertib sekolah, (4) Kegiatan Seremonial-Formal, (5) Kegiatan-kegiatan rutin berupa Kulikuler, Kolikuler, Ekstrakulikuler dan (6) Praktik-praktik pembiasaaan dan kebiasaan positif. 


Kegiatan Pembelajaran di SDN Pademangan Barat 09 Pagi di Massa Pandemi covid-19 melaksanakan Pembelajaran secara Daring atau PJJ. Menggunakan Media Zoom, Google meet, Classroom, WAG. Menggunakan Metode Tanya Jawab, Tugas, Video, Praktik-praktik yang diawasi oleh guru. “Ucap Ibu Rayhanita S.Pd selaku guru pamong kelas 1 di SDN Pademangan Barat 09 Pagi. Pada waktu dekat ini akan melaksanakan PTM (pembelajaran tatap muka). “Ucap Caskim S.Pd.


Adapun Kendala-kendala yang terjadi ketika Pembelajaran Daring Yaitu: Pihak sekolah dan guru merasa tidak puas dengan adanya pembelajaran daring karena tidak bisa dapat membimbing langsung anak-anak muridnya, terkendala sinyal,  ada sebagian siswa yang tidak mempunyai HP, Banyak orang tua yang terlambat mengirimkan tugas anak-anaknya karena harus bergantian dengan kakak-kakaknya atau adiknya sehingga pihak sekolah tidak membataskan waktu kepada anak-anak harus jam sekian menyerahkan tugas, yang penting anak-anak mengerjakan tugas sampai besok ditunggu, anak merasa jenuh ketika saat pembelajaran daring. “ Ucap Bapak Caskim S.Pd “ 


Pembiasaan Positif di SDN Pademangan Barat 09 Pagi yaitu (1) Pembiasaan Sholat dhuha bersama dilaksanakan dilapangan pada setiap hari Jum’at jam 8 Pagi, (2) Pembiasaan Kultum yang dilakukan oleh kelas 5 dan 6  setelah selesai sholat dhuha, (3) Pembiasaan memeriksa kebersihan anak-anak sebelum masuk kelas berbaris terlebih dahulu dilapangan di cek kerapihannya kebersihannya, tetapi selama Pandemi Covid-19 tidak ada. “Ucap Bapak Caskim S.Pd “ selaku Kepala Sekolah SDN Pademangan Barat 09 Pagi.


Kegiatan Kulikuler dan Ekstrakulikuler di SDN Pademangan Barat 09 Pagi. Kegiatan Kulikulernya yaitu Kepramukaan wajib di hari Rabu Jam 10 setelah pandemi pembelajarannya lewat dari youtube Sedangkan Karate, silat, marawis, menari diadakan di setiap hari sabtu jam 7-10 sebelum pandemi. Kegiatan Ekstrakulikuler di SDN Pademangan Barat 09 Pagi Yaitu Karate, Silat, Kepramukaan, Marawis, Menari. 


Sistem absensi  di SDN Pademangan Barat 09 Pagi yaitu menggunakan timestamp dan e-mobile. Timestamp digunakan untuk absen sekolah, sedangkan e-mobile digunakan untuk absen dinas. Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan bahasa sederhana sehingga mudah dimengerti dan memberi apresiasi terhadap peserta didik. 


 


=