Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka lakukan PLP 1 di SDN Pondok Kelapa 05 Pagi

07 Oktober 2021 | Kamis, Oktober 07, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-06T17:07:04Z


Serambiupdate.com
Kelompok mahasiswa semester 5  yang beranggotakan tujuh orang dari Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,  Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka telah melaksanakan kegiatan PLP 1. Kegiatan PLP 1 dilaksanakan pada tanggal 23 September sampai dengan 04 Oktober 2021 di SDN Pondok Kelapa 05 Pagi, Jakarta Timur.

 

Kegitan ini dibuka oleh Bapak Samukin, S. Pd, M. M selaku kepala SDN Pondok Kelapa 05 Pagi dan dengan dihadiri oleh dosen pembimbing lapangan. Pada saat kegiatan PLP 1 ini berlangsung didampingi oleh Bapak Subali M.Hum. MM selaku dosen pembimbing lapangan bersama tujuh mahasiswa yaitu Dinar Prasetyo, Brian Arif Kusuma, Faidur Raihan, Nur Syifa Muthi’a, Suci Yatiningsih, Siska, Annisa Azzahra. Adapun tujuan dari PLP 1 adalah  untuk membangun landasan jati diri pendidik dan melakukan observasi untuk mengenal  lebih mendalam tentang kultur atau budaya sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib di sekolah, kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kurikuler, kokurikuler, ekstrakulikuler dan pembiasaan, kebiasaan positif di sekolah. Selama melaksanakan kegiatan PLP 1 semua  tetap menerapkan standar protokol kesehatan yang berlaku.

 

SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta Timur saat ini telah memberlakukan Pertemuan Tatap Muka (PTM) terbatas. PTM tersebut mulai diberlakukan pada tanggal 07 April 2021 sampai dengan saat ini. PTM terbatas dilaksanakan dengan menggunakan metode Blanded Learning yang dimana peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok yaitu pembelajaran daring dan luring pada waktu yang bersamaan. Tidak hanya itu, SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta Timur ini sudah menggunakan kurikulum K13 yang berlaku.

 

Dimasa pandemi seperti ini SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta Timur tetap melakukan pembiasaan kepada peserta didik yang bertujuan untuk pembentukan karakteristik peserta didik. Seperti yang ucapkan  oleh Bapak Samukin, S. Pd, M. M selaku kepala sekolah SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta Timur “bahwa pembentukan karakteristik peserta didik diawali dari masuknya peserta didik melalui pintu gerbang sekolah dan diakhir pula melalui pintu gerbang sekolah yang berlandasan dengan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun)”. Pembentukan karakteristik tidak hanya dilihat dari proses pembelajaran saja tetapi juga dapat dilihat dari peduli terhadap lingkungan sekolah yang menerapkan budaya LISA (Lihat Sampah Ambil) dan juga sekolah ini menerapkan budaya BERSIUL (Bersih, Sejuk, Indah, Unggul, Literat) sebagai brand sekolah tersebut.

 

Maka demikian dengan adanya Kegiatan PLP 1 ini mahasiswa dapat ikut terjun langsung dapat melihat sendiri keadaan sekolah SDN Pondok Kelapa 05 pagi dengan karakteristik peserta didik dan unsur-unsur yang terdapat di dalamnya.

=