Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Pendidikan Matematika UHAMKA Melaksanakan Kegiatan PLP 1 di SMAIT YAPIDH

08 Oktober 2021 | Jumat, Oktober 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-10T10:35:43Z

Serambiupdate.com Mahasiswa pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) di SMAIT YAPIDH. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.


SMAIT YAPIDH menjadi salah satu sekolah tujuan untuk melaksanakan kegiatan ini dikarenakan lokasi yang cukup strategis, dan memiliki rekan teman yang pernah bersekolah di sekolah tersebut. Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) adalah proses observasi atau pengamatan yang dilaksanakan mahasiswa sarjana pendidikan tepatnya pada semester 5 untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melakukan wawancara kepada kepala sekolah dan seorang guru matematika pada kamis, 30 september 2021 pukul 10:00 WIB.


SMAIT YAPIDH merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang menggunakan kurikulum Diknas dan pesantren. Sistem yang digunakan adalah asrama (boarding) dan full day. Pada awal pandemi, sekolah menerapkan sistem pembelajaran daring untuk semua siswa boarding maupun full day. Namun, pada hari senin, 06 september 2021 SMAIT YAPIDH menerapkan sistem tatap muka terbatas dengan melakukan pertemuan secara bergantian daring dan luring.


Dikarenakan masih terdapat pembelajaran daring, pada saat melaksanakan wawancara Heri Supianto selaku guru matematika mengatakan, “Kendala yang sering dialami ketika melakukan pembelajaran adalah jaringan dan pemahaman siswa terhadap materi yang tidak dapat dipantau secara langsung sehingga pembelajaran belum maksimal,” ujarnya.


Di tengah situasi pandemi yang belum mereda dan sebagian masih dilakukan pembelajaran daring membuat siswa merasa bosan. Namun, Heri Supianto memiliki cara untuk membuat siswa semangat dengan memberikan motivasi, “saya mengajak siswa untuk berdoa dan memberikan sebuah kata – kata atau kalimat tentang pentingnya belajar untuk masa depan saat pembelajaran berlangsung atau ketika pembelajaran akan berakhir,” ujarnya. 


“Situasi seperti apapun pembelajaran harus tetap berjalan jadi perlu adanya kemudahan untuk memberikan pembelajaran kepada siswa,” tambahnya. 


Dengan adanya kegiatan PLP 1 ini menjadikan mahasiswa secara langsung dapat melihat keadaan sekolah SMAIT YAPIDH dengan karakteristik peserta didik, struktur organisasi sekolah serta kegiatan – kegiatan yang terdapat di dalamnya.

=