Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Pendidikan Matematika Uhamka Selenggarakan Kegiatan PLP di SMK Negeri 3 Jakarta

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 10:31:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-06T15:31:46Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa semester 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka melakukan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) ke sekolah yang sudah didaftarkan nama sekolahnya oleh masing-masing perwakilan kelompok ke UPT PLP. Salah satu sekolah yang dikunjungi yaitu SMK Negeri 3 Jakarta yang beralamat di Jl. Garuda No. 63 Kemayoran, Gunung Sahari Selatan, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Prov. D.K.I. Jakarta pada hari Jum’at (01/10).

 

PLP 1 adalah tahapan pertama di mana mahasiswa akan menjalani proses pengamatan atau observasi dan wawancara yang dilakukan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun landasan jati diri pendidik melalui beberapa bentuk kegiatan di sekolah seperti pengamatan kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan seremonial formal di sekolah, kegiatan-kegiatan rutin lainnya, serta praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah melalui proses wawancara dan observasi.

 

Saat berkunjung ke SMK Negeri 3 Jakarta pada hari Jum’at (01/10) suasana sekolah sangat hangat dan nyaman. Hal tersebut terlihat jelas saat kedatangan para mahasiswa yang disambut baik oleh Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, dan Peserta didik yang menyapa para mahasiswa dengan ramah.

 

“Setiap peserta didik di biasakan melakukan 5S yaitu senyum, sapa, salam, sopan, dan santun kepada seluruh masyarakat sekolah,” tutur Ibu Lilik Musyarofah, M.Pd selaku Wakil kepala sekolah. Terbukti bahwa hal tersebut berdampak positif bagi peserta didik.

 

Ibu Lilik Musyarofah, M.Pd juga menjelaskan karena adanya pandemi yang mengharuskan proses pembelajaran secara daring beberapa peserta didik kesulitan dalam belajar seperti membutuhkan kuota yang cukup banyak dan sulit dalam menerima pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika. Namun, masalah itu sudah diatasi dengan baik oleh pihak sekolah dengan memberikan subsidi kuota dari Kemendikbud dan diadakannya tatap muka secara langsung seminggu sekali guna mempermudah siswa dalam menyerap pembelajaran matematika dan materi yang menggunakan alat.

 

Banyak sekali dampak yang dirasakan SMK Negeri 3 Jakarta dengan adanya pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Baik dari kegiatan ekstrakurikuler, kokurikuler, kegiatan seremonial-formal, serta terkendala kuota dan jaringan.

 

Dengan adanya PLP 1 ini para mahasiswa sangat berterima kasih kepada pihak kampus dan pihak SMK Negeri 3 Jakarta, karena telah mendapatkan pengalaman dan ilmu untuk mempelajari kondisi dan situasi yang ada pada sekolah dalam rangka membangun landasan jati diri pendidik melalui beberapa kegiatan di sekolah.

=