Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA Laksanakan PLP 1 di SMAN 55 Jakarta

12 Oktober 2021 | Selasa, Oktober 12, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-11T23:18:45Z


Serambiupdate.com
Pengenalan Lapangan Persekolahan Tahap 1 (PLP 1) merupakan salah satu program akademik yang tercantum dalam kurikulum di semua program studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Program PLP 1 ini merupakan tahapan pertama dimana mahasiswa melakukan pengamatan/observasi dan wawancara untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan Pendidikan di satuan unit Pendidikan. Adapun aspek yang diamati oleh mahasiswa dalam kegiatan PLP 1 yakni kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola sekolah, kegiatan seremonial-formal sekolah, kegiatan rutin sekolah seperti kurikuler, kokurikuler, dan ektrakurikuler, serta praktik pembiasaan positif sekolah.

 

Kegiatan PLP 1 ini dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Geografi secara berkelompok dan dibimbing oleh, Bapak Drs. Tricahyono NH, M.Si. Adapun mahasiswa di kelompok ini berjumlah 7 Muhammad Maulana Ibrahim, Rikar Abdan Syakuuro, Reza Nabil Hilmy, Wisnu Wardana, Monica Ardiani, Desti Aulia fitri, Erni Hofifah. Dalam pelaksanaan PLP 1, PLP 1 ini dilakukan di SMAN 55 Jakarta yang berlokasi di Jl. Potlot II No.2, RT.2/RW.3, Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Kota Jakarta Selatan dan dilaksanakan pada tanggal 08 Oktober 2021. Dalam kegiatan ini tidak hanya wawancara tetapi juga dilakukan kegiatan observasi tentang fasilitas sekolah seperti ruang kelas, ruang kepsek, ruang guru, ruang tenaga pendidik, perpustakaan, ruang OSIS, ruang BP. selain itu, juga sarana protokol kesehatan seperti wastafel, hand sanitizer dan alat pengecekan suhu saat ingin memasuki lingkungan sekolah.

 

Dalam wawancara dengan kepala sekolah Bapak Drs. H.Muhidin mengemukakan bahwa terkait kegiatan pembiasaan rutin yang dilaksanakan oleh siswa-siswi di SMAN 55 Jakarta, “kegiatan yang dilakukan diantaranya mengedepankan sikap 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan santun), kedisiplinan, baik dilaksanakan pada saat PTM (Pertemuan Tatap Muka) maupun pada saat pembelajaran jarak jauh untuk pembinaan karakter bagi siswa-siswi di sekolah SMAN 55 Jakarta. Serta adapun perubahan dalam pembelajaran selama pandemi yaitu kebiasaan rutinitas para siswa-siswi dari luring menjadi daring.”

 

Dalam kesempatan wawancara dengan guru mata pelajaran geografi SMAN 55 Jakarta yaitu Ibu Elvira Nurwahyuni, S.Pd. terkait dengan kebijakan  jadwal PTM (Pertemuan tatap muka) pada masa pandemi Covid 19, beliau menjelaskan bahwa “untuk kegiatan PTM (Pertemuan Tatap Muka) ini dilakukan selama 6 hari senin – sabtu, tetapi untuk pelaksanaannya tidak dilaksanakan secara bersamaan. Untuk kegiatan pembelajaran di SMAN 55 Jakarta ini dilakukan dengan metode hybrid, adapun kendala yang dialami saat melaksanakan pembelajaran yakni kebiasaan disiplin siswa-siswi menjadi berkurang, adanya siswa-siswi yang terkendala media elektronik seperti: Handphone dan Laptop”

 

Dengan adanya kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 ini kami dapat mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dan pihak sekolah di SMAN 55 Jakarta. Selain itu, dalam kegiatan ini kami juga mendapatkan pengetahuan dan informasi terkait media yang digunakan oleh guru-guru saat melakukan pembelajaran jarak jauh.

 

Kami mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah dan Guru-guru SMA Negri 55 Jakarta, yang telah memberikan kesempatan untuk wawancara dan observasi. Banyak kekurangan dalam kegiatan ini, oleh karna itu saran dan masukan kami harapkan untuk kelengkapannya.

=