Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA Selenggarakan PLP 1 di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta Guna Membangun Jati Diri Sebagai Calon Pendidik yang Profesional

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 11:26:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-06T16:26:54Z


Serambiupdate.com Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka FKIP semester 5 dari program studi Pendidikan Biologi melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan  (PLP) 1. Kegiatan PLP 1 merupakan tahapan pertama yang dimana mahasiswa akan menjalani proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan untuk mempelajari aspek-aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan Pendidikan. Kami melaksanakan kegiatan PLP 1 ini pada masa-masa pandemi, maka dari itu kami melaksanakan kegiatan dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mecegah penyebaran virus.


Rangkaian kegiatan PLP 1 yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa yaitu melakukan wawancara terhadap kepala sekolah dan guru pamong dengan pembahasan mengenai dari kultur/budaya yang ada di sekolah hingga kegiatan proses pembelajaran selama masa pandemi. SMA Muhammadiyah 23 Jakarta menjadi sasaran bagi kelompok kami yang dipimpin oleh Bapak Ahmad Akhyar selaku kepala sekolah di sekolah ini. Pada saat wawancara dengan Bu Farida selaku guru pamong beliau menjelaskan bahwa pada masa pandemi ini kita sebagai guru tidak boleh membuat siswa merasa tertekan karena keadaan tertekan akan membuat siswa mudah bosan dalam belajar dan kehilangan motivasinya untuk belajar.


“Saya sebagai guru menyesuaikan kondisi siswa agar siswa tidak tertekan dengan pembelajaran online ini yaitu dengan cara tidak terlalu sering dalam pemberian tugas dan juga memberikan deadline pengumpulan dalam jangka waktu yang menurut saya cukup untuk dikerjakan, saya juga selalu memberikan motivasi dengan kata-kata yang dapat membangun untuk tetap semangat dalam belajar walaupun dalam keadaaan yang seperti ini” ujar Ibu Farida.


Disisi lain menurut Kartika selaku ketua kelompok PLP 1 ini, bahwa “Walaupun dalam kondisi pandemi seperti ini kami tetap melaksanakan kegiatan PLP 1 dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mecegah penyebaran virus, sehingga memberikan manfaat bagi mahasiswa semester ini guna mempersiapkan diri untuk menjadi calon guru yang profesional dan unggul di masa yang akan datang”, ujarnya.

=