Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UHAMKA Bersinergi dengan MTs Negeri 7 Model Jakarta Timur untuk Melaksanakan PLP 1

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 07:54:00 AM WIB | Last Updated 2021-10-06T00:54:47Z



Serambiupdate.com Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka yang terdiri dari Andhini Kusuma Arum, Fatimah Suhaila Arsalia, Rizkina Ayu Indriani, Shabrina Juliandini, Sulis Liani, dan Yudiska Ramadhanti terjun langsung melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan  atau PLP  1 dengan agenda observasi dan wawancara kepala sekolah dan guru pamong. Sekolah yang dituju oleh tim PLP tersebut yakni MTs Negeri 7 Model Jakarta yang bertempat di  Pengantin Ali No.103 , Ciracas, Kota Jakarta Timur, Ciracas, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13740 (29/09).

 

Program Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 ini merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk diikuti karena turut membantu mahasiswa khususnya fakultas keguruan untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi mengenai kinerja dan tata kerja di sekolah yang baik dan benar. Sebelum memulai proses wawancara, pihak mahasiswa dan pihak MTs Negeri 7 Model Jakarta melaksanakan pembukaan PLP 1 secara virtual melalui Zoom Meeting dan di Sekolah. Pembukaan yang dilaksanakan melalui zoom dihadiri oleh guru pamong, Amiruddin S.Pd.I, M.Pd., selaku Dosen Pembimbing serta seluruh anggota kelompok  

 

Sementara itu, pembukaan disekolah dipimpin oleh kepala madrasah, Lebeng M.Ed. beserta jajarannya. Kepala MTs Negeri 7 Jakarta, dalam pembukaan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 menyatakan, “Kami menyambut dengan baik dan akan turut serta membantu para mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UHAMKA untuk melaksanakan kegiatan PLP 1 ini di MTs Negeri 7 Model Jakarta.”

 

Dalam proses wawancara, terdapat beberapa aspek yang ditanyakan seperti karakteristik umum peserta didik, struktur organisasi dan tata kerja, peraturan dan tata tertib, pelaksanaan kulikuler yang dilaksanakan secara daring, dan aspek-aspek penting lainnya yang berkaitan dengan proses akademik maupun administrasi di sekolah. Wawancara tersebut dilaksanakan bersama dengan kepala madrasah dan guru bidang studi Bahasa Inggris sebagai narasumber. Aspek-aspek yang diwawancarai mendapatkan respon dan jawaban yang sangat baik dari kepala madrasah dan guru pamong.

 

Setelah melaksanakan proses wawancara, tim PLP 1 Pendidikan Bahasa Inggris melaksanakan sesi dokumentasi bersama pihak sekolah lalu berkeliling untuk melakukan dokumentasi area sekolah mulai dari ruang kelas, masjid, perpustakaan, dan sebagainya. Tidak lupa membahas ulang mengenai apa saja yang telah didapatkan melalui kegiatan PLP 1. Hal ini tentunya menjadi pengalaman baik bagi tim PLP 1 Pendidikan Bahasa Inggris agar merasa familiar dengan lingkungan sekolah mulai dari aspek akademik sampai dengan aspek tata kerja administrasi.

           


=