Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa FKIP Uhamka Mengadakan Pengenalan Lapangan Persekolahan Tahap 1 di SDN Cimpaeun 1 Kota Depok

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 12:25:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-06T05:25:30Z



Serambiupdate.com
Mahasiswa UHAMKA dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengadakan kunjungan langsung di SD Negeri Cimpaeun 1, Kec. Tapos, Kota Depok dalam kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1). Dalam kegiatan PLP 1 ini dilaksanakan di masa pandemi covid-19 tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 (27/9). Kegiatan PLP 1 merupakan tahapan pertama dalam kegiatan pengenalan lapangan persekolahan dari program sarjana pendidikan yang dilaksanakan pada mahasiswa semester 5. 


SD Negeri Cimpaeun 1 ini menjadi sasaran dalam kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) yang terletak di Jalan Raya Tapos No.33, Cimpaeun Kec.Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, ID 16459. Sekolah ini merupakan salah satu dari sekolah dasar negeri di kota Depok yang memiliki akreditasi A. 


Tujuan dari kegiatan PLP 1 ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan menumbuhkan semangat serta membangun landasan jati diri dari seorang pendidik melalui beberapa kegiatan yang dilaksanakan di sekolah seperti: Mahasiswa melakukan pengamatan langsung mengenai kultur sekolah (karakteristik umum peserta didik), Mahasiswa mengetahui struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, Mahasiswa mengetahui peraturan tata tertib sekolah, Kegiatan-kegiatan ceremonial-formal di sekolah, Kegiatan-kegiatan rutin lainnya berupa kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, Mahasiswa dapat memahami praktik pembiasan dan kebiasaan positif di sekolah.


Pada saat mewawancarai dengan salah satu guru pamong yang mengajar di kelas tinggi (guru kelas 5) di SDN Cimpaeun 1, menjelaskan bahwa adanya beberapa problematika yang terjadi selama pembelajaran daring yang dilaksanakan di SDN Cimpaeun 1 terutama terkait jaringan dalam proses pembelajaran dan kegiatan lainnya.


“Selama masa pandemi segala kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring, namun banyak kendala yang harus dihadapi terutama permasalahan terkait jaringan dan sulit dalam menerapkan media pembelajaran. Lalu terhambatnya fasilitas untuk sekolah daring seperti ada beberapa peserta didik yang tidak bisa mengikuti zoom meeting dikarenakan jika belajar si anak harus menunggu ayah atau ibunya terlebih dahulu, yang dikarenakan ponselnya dipakai orang tua sehingga proses pembelajaran pun hanya menggunakan WhatsApp Group dalam absensi kehadiran serta pengiriman tugas. Selama pembelajaran daring susah untuk mengenal karakter peserta didik karena tidak melihat secara langsung,” ucap Hadan Nasution, S.pd 


Walaupun kegiatan pembelajaran daring ini terdapat problematika terdapat juga solusi untuk menyelesaikannya seperti penuturan dari salah satu guru pamong yang mengajar di kelas rendah (guru kelas 3) menjelaskan bahwa "Baik absensi kehadiran peserta didik dan pengiriman tugas melalui WhatsApp Group saja semua berjalan dengan lancar. Untuk pengiriman tugas dikirim via wa japri dan langsung dikoreksi, hasilnya langsung dikirim lagi via wa japri jadi tugas siswa tiap hari Alhamdulillah tuntas dalam pengiriman tugas sekolah diberi batas waktu pengiriman sampai pukul 18:00 WIB walaupun kegiatan pembelajaran dimulai dari pukul 07:00-12:00 WIB" ucap Suharsih, S.Pd 


SDN Cimpaeun 1 ini menghasilkan peserta didik berprestasi yang diraih dalam prestasi non-akademik seperti halnya terdapat beberapa lomba (mata lomba) yang diraih pada tingkat kota Depok dan tingkat Kecamatan diantaranya: literasi (membaca puisi) meraih juara 3 pada tingkat kota Depok tahun 2021, KSN (IPA) meraih juara 1 pada tingkat Kecamatan tahun 2021, KOSN (Karate PA) meraih juara 2 pada tingkat Kecamartan tahun 2021, KOSN (Karate PI) meraih juara 3 pada tingkat Kecamatan tahun 2021, LOKETA (MTQ PI) meraih juara 1 pada tingkat Kecamatan tahun 2021, dan PGRI (Menyanyi Solo) meraih juara 3 pada tingkat Kecamatan tahun 2021.


Dengan adanya kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) ini kita mengetahui terkait tentang kultur sekolah, struktur organisasi, peraturan tata tertib, kegiatan rutin, dan kebiasaan positif yang sering di lakukan di SDN Cimpaeun 1 ini, selain itu juga kita dapat mengetahui problematika yang dihadapi oleh sekolah, peserta didik, dan guru yang sering terjadi selama pembelajaran daring.

=