Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa FKIP UHAMKA Adakan Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan di MTS Al Kautsar Depok

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10/13/2021 07:47:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-13T12:47:49Z

 


Serambiupdate.com Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka sebagai salah satu Universitas Swasta terbaik di DKI Jakarta Khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengadakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 bagi Mahasiswa semester 5. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk mentalitas calon tenaga pendidik di Lapangan Sekolah secara nyata, dimulai dari pengenalan terhadap kultur sekolah hingga penerapan pembelajaran yang berlangsung.

 

Sebanyak 7 Mahasiswa yang berasal dari berbagai Program Studi yaitu : Program Studi Pendidikan Sejarah yaitu, Oky Firlana. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra dan Indonesia yaitu, Kevin Tegar Eka Yudha. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terdiri dari Arin Nuraeni, Andiny Amelia Putri, Banio Rahman Arisna, Muhammad Dafa Yudistira Saputra, Zahra Tunnisa.

 

Melakukan kegiatan tersebut di MTS Al Kautsar Depok yang terletak di Jl. Barito Raya No.6, Bakti Jaya, Kec. Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Indonesia. MTS Al Kautsar Depok menjadi sasaran dalam kegiatan ini dikarenakan lokasinya yang mudah dijangkau dengan kendaraan umum dan merupakan sekolah dengan standar penerapan pembelajaran Kurikulum 2013 yang memadai.

 

Beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama proses Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 meliputi Pembekalan (Sosialisasi), kelengkapan Administrasi dari UPT PLP UHAMKA, Penerbitan surat Ijin, sesi observasi lingkungan sekolah, Wawancara Kepala Sekolah, Wawancara Guru Pamong hingga wawancara terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan ini dilakukan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang berlaku.

 

 

Bapak Abdul Muiz selaku Wakil Kepala Sekolah MTS Al Kautsar Depok. Menjelaskan tentang proses pembelajaran bahwasanya"proses pembelajaran di sekolah secara offline dan online. Kalau proses pembelajaran secara offline itu, sebelum mata pelajaran dimulai siswa dan siswa wajib tadarus, sholat sunah, melaksanakan sholat berjama'ah dan membaca asmaul husnah. Dan untuk proses pembelajaran online ini sebelum masuk pembelajaran kebiasaan yang sering dilakukan yaitu, tadarus bersama-sama dan sholat sunah serta sholat subuh dirumah masing-masing. Untuk proses pembelajaran online ini sering menggunakan platfrom seperti, zoom metting, youtube, blended elerning dan whatsapp grup". Ujarnya.

 

Dalam pembelajaran Tatap Muka Terbatas yang telah dilakukan oleh MTs Al-Kautsar hingga kini berjalan dengan lancar dengan dihadiri oleh peserta didik yang telah dijadwalkan untuk datang ke sekolah,serta guru dan karyawan yang terjadwalkan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak,mengecek suhu tubuh,mencuci tangan,dan mensterilisasi barang-barang dan tempat yang telah digunakan.

 

Pada sesi wawancara dengan Guru Pamong yaitu, Ibu Muhayati mengatakan "keterbatasan kognitif tiap anak dalam memanfaatkan teknologi menjadi keluhan beberapa siswa sehingga solusinya ialah kami mengundang mereka yang kesulitan belajar lewat daring,dan juga atas izin orangtuanya untuk belajar di sekolah." Ujarnya.

 

Para mahasiswa UHAMKA yang tengah melaksanakan PLP 1 tersebut disambut baik dan hangat oleh para karyawan,guru,kepala sekolah, serta siswa-siswi yang datang ke sekolah. Harapan dari para mahasiswa tersebut agar MTs Al-Kautsar tetap memberikan pelayanan edukasi dan pembelajaran yang mumpuni untuk generasi Kota Depok yang unggul dan bermartabat.

=