Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa BK FKIP UHAMKA Membekali Diri Sebagai Calon Tenaga Pendidik Melalui Kegiatan PLP 1

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 11:20:00 AM WIB | Last Updated 2021-10-06T04:20:39Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Pof. Dr. Hamka,  melalui Program  Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) Melakukan Observasi dan Wawancara di SMPN 10 Bekasi, merupakan Sekolah Menengah Pertama yang terletak di Jl. Raya Padurenan No.RT 03/06, RT.001/RW.006, Padurenan, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi, SMPN 10 Bekasi merupakan sekolah yang kami pilih sebagai salah satu mitra sekolah yang kami Observasi dan kami Wawancarai dalam rangka menggali informasi terkait tugas PLP 1 atau Pengenalan Lapangan Persekolahan 1.


Kegiatan PLP ini bertujuan untuk membangun landasan jati diri calon pendidik yang unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial. Di samping itu, kegiatan PLP ini juga memberikan pengalaman nyata kepada calon pendidik dalam mengimplementasikan penguasaan bidang akademik kependidikan dan akademik bidang keahlian melalui mengajar terbimbing oleh Guru Pamong. Di ketuai Oleh Yugo ALGhaffar, dan beranggotakan 6 orang lainnya yaitu: Rizky Nabilah, Maulida Rizka Fadilla, Almas Amalia Putri, Hanna Nur Oktaviyani, Lisa Indriani dan M. Khusnul Marchiano menggali informasi yang dibutuhkan.


Pada tanggal 23 September 2021, merupakan kunjungan pertama kami dalam rangka pemberian surat permohonan dan Survei kesekolah dengan disambut hangat oleh Ibu Dra. Rupliyanti selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Sarana di SMPN 10 Bekasi. Tepat pada tanggal 27 September 2021, bersama dengan Kepala Sekolah dan Guru Pamong di SMPN 10 Bekasi kegiatan PLP 1 kami laksanakan.


Bpk. H. Sonin Julkarnaen. S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMPN 10 Bekasi  mengatakan “Kami merasa gembira dengan kedatangan Mahasiswa dari FKIP UHAMKA, untuk bisa bergabung dan memberikan kontribusi serta sama sama belajar dalam kegiatan PLP 1 ini berlangsung. Selama 2 hari berjalan PLP 1 ini kami banyak menggali dan mencari tahu informasi terkait karakteristik peserta didik,struktur organisasi, kegiatan pembelajaran,kemudian kendala dan hambatan di saat melakukan kegiatan pembelajaran, bagaimana cara mengatasi kendala tersebut sampai dengan proses penilaian dan motivasi yang diberikan kepada peserta didik di masa pandemi ini, agar mereka selalu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.


Pembelajaran yang dilakukan di SMPN 10 Bekasi yaitu menggunakan sistem SIJALURING (Sistem Pembelajaran Luring dan Daring) jadi sebagian peserta didik ada yang melaksanakan pembelajaran secara luring di sekolah dan ada yang melaksanaan pembelajaran daring dirumah, namun Guru di tuntut untuk  kreatif  disini , dengan memanfaatkan fasilitas sekolah yaitu kamera, infokus dan laptop, pembelajaran luring di kelas dapat dihubungkan dengan peserta didik yang pembelajarannya secara daring, sehingga peserta didik dirumah dapat melihat jelas materi yang guru terangkan dan bersalam sapa dengan teman teman nya di dalam jaringan/Online.


Dilain sisi, Ibu Rini Yuliyanti, S. Pd selaku Guru BK dan guru Pamong kami, menuturkan “Saya pribadi sangat senang dengan adanya Mahasiswa FKIP UHAMKA, karena dengan adanya kalian disini bisa mendapatkan ilmu baru yang baru dalam memberikan layanan menggunakan media permainan dan aplikasi, sehingga membuat peserta didik tidak merasa bosan”, Ujarnya.


Selama kami mengikuti PLP 1 ini , kami mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang baru. Terima Kasih kepada kepala sekolah dan para guru di SMPN 10 Bekasi yang telah mengizinkan kami untuk mengobservasi sekolah dasar dan membimbing kami selama kegiatan PLP 1 berlangsung. Kami menyadari betapa pentingnya pengenalan lingkungan persekolahan bagi para calon guru yang nantinya akan terjun langsung ke dunia pendidikan yang akan ditugaskan, sehingga kelak akan menjadi terbiasa di dalam melaksanakan pembelajaran dan kultur sekolah yang ada. 

=