Notification

×

Iklan

Iklan

Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan Dilakukakan Mahasiswa FKIP UHAMKA Program Studi Bimbingan dan Konseling di SMAN 5 Depok

Jumat, 08 Oktober 2021 | 10/08/2021 11:02:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-08T16:02:37Z



Serambiupdate.com Beberapa Mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyyah prof. dr. hamka melaksanakan kegitan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) tahap 1. Kegiatan PLP ini bertujuan agar mahasiswa sebagai calon pendidik dapat mengetahui dan mengenal kondisi lingkungan sekolah secara langsung. Kegiatan ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara, dimana siswa mengamati secara langsung sekolah yag di tuju dan mewawancarai secara langsung beberapa narasumber.

Pada hari selasa tanggal 14 September 2021 seluruh mahasiswa FKIP telah mendapat pembekalan sebelum melaksanakan kegiatan PLP 1.  Mahasiswa di beri kebebasan untuk memilih kelompoknya sendiri dan di setiap kelompok terdapat dosen pembimbing yang akan membimbing mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PLP 1.

Kelompok yang dipimpin oleh Din Khalida Utami yang beranggotakan Khansa, Fathia Alida, Dian Nurul, Karina Amelia, dan Bilal Fadlurrahman mendapat bimbingan langsung dari salah satu dosen pembimbing yang bernama Ibu Nurmawati, M.Pd. Setelah melewati beberapa proses, akhirnya kelompok tersebut sepakat untuk melaksanakan kegiatan PLP 1 pada hari senin tanggal 27 september 2021  di SMAN 5 DEPOK yang berlokasi di Jl. Bukit Rivaria No.5, Bendahan, Kec. Sawangan, Depok, Jawa Barat.

SMAN 5 DEPOK merupakan salah satu sekolah favorit di depok dengan akreditasi A. Sekolah tersebut memiliki Visi Berahlak mulia, Berprestasi, Berbudaya, dan Peduli Lingkungan. Serta memiliki Misi diantaranya yakni : 1) Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa; 2) Meningkatkan prestasi peserta didik di bidang akademik dan non akademik; 3) Meninghkatkan profesionalisme pribadi dengan membudayakan etos kerja, relegius,cerdas dan peduli lingkungan; 4) Membudayakan penggunaan media sosial secara bijak di kalangan warga sekolah; 5)Menjadikan sekolah ramah anak di Provinsi Jawa Barat.

 

SMAN 5 DEPOK dipimpin oleh kepala sekolah Ibu Hj. Zarni Fatma. M.Pd dan Bapak M. Abu Bakar selaku Komite sekolah. Selain itu terdapat 4 wakil yang turut membantu di bidangnya masing-masing yakni, Ibu Siti Sayidah Makrifah, SE yang turut membantu di bidang kurikulum, Bapak Dr. Sugiarti, S.Pd, M.Pd yang turut membantu di bidang kesiswaan, Bapak Drs. Ahmad Syamsuri, MH, M.Pj yang turut membantu di bidang Humas, dan Bapak Tri Andoyo, S.Pd yang turut membantu di bidang Sarana dan Prasarana.

Salah satu kriteria kenaikan kelas di SMAN 5 DEPOK adalah nilai sikap atau attitude bukan hanya dari nilai akademik dan daftar kehadiran. Seperti yang dikatakan Ibu Nuribait, S.Pd selaku guru BK “ jika ada satu guru mata pelajaran yang memberikan nilai sikap C maka tidak akan naik kelas walaupun nilai akademiknya bagus. Karena menurut kami para pendidik disini nilai akademik saja tidak cukup tetapi harus dibarengi dengan nilai sikap. Maka dari itu para guru BK focus kepada nilai sikap. Kami harus memastikan bagaimana siswa itu mempunya sikap yang sesuai dengan moral yang berlaku di masyarakat.”

“Dari semua pemaparan di atas dapat kita lihat betapa pentingnya mengembangkan diri dan mulai berani untuk bertanggung jawab atas semua hal yang kita dapatkan. Karena pada dasarnya menjadi seorang pendidik tidak lah mudah seperti apa yang di bayangkan, maka dari itu dengan adanya PLP 1 ini memberikan berbagai penjelesan mengenai ranah pendidikan dan mengajarkan menjadi seorang pendidik yang baik, serta menjadi contoh untuk peserta didiknya.”

=