Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Alasan Mengapa Parenting itu Sangat Penting

30 Oktober 2021 | Sabtu, Oktober 30, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-30T10:14:11Z


Windy Oktaviani 

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka 


Mungkin ada banyak orang bertanya apa sih parenting itu? Apakah mempelajari parenting adalah hal yang sangat wajib dilakukan?


Artikel yang kami kutip dari blogger Amelia Solihah melalui rumahkeluargaindonesia.com ini menuliskan tentang pentingnya parenting. Mari kita simak.


Parenting berasal dari kata “Parent” dan “Ing” berasal dari Bahasa Ingris yang mana mengartikan bahwa parenting adalah menjadi orang tua. Parenting ialah ilmu yang mempelajari tentang cara mendidik anak, mengasuh anak serta membimbing anak dengan cara yang baik dan tepat. Lalu kenapa parenting itu sangat penting untuk diketahui? Seperti yang telah kita ketahui bahwa, guru pertama kali dari seorang manusia adalah orang tuanya. Baik itu tentang cara anak itu berbicara, berperilaku, mengambil sikap, ataupun hal lainnya yg berkaitan dengan lingkungan. Itu semua berawal dari lingkungan keluarga, dan yang paling berperan penting dalam lingkungan keluarga adalah seorang Ayah dan Ibu. Disitulah parenting dibutuhkan.


Jika orang tua mengerti dengan baik bagaimana cara mendidik, mengasuh serta membimbing anak maka anak itu pun akan tumbuh dengan baik. Mindsetnya tertata rapih, perilakunya terjaga, tidak melenceng dari aturan, dan berbakti kepada kedua orang tuanya. Lalu bagaimana jika orang tua tidak mengerti cara mendidik anak? Apakah anak itu akan tumbuh dengan baik? Apakah anak itu akan lebih baik daripada anak yang dididik dengan baik? Tentu anak yang terdidik dengan baiklah yang lebih baik. Generasi penerus kita selanjutnya haruslah dijaga dengan baik, dididik dengan baik, diperhatikan dan dibimbing agar tidak keluar dari jalur (aturan).


Setiap anak pastinya membutuhkan perhatian, kasih sayang, serta bimbingan dari kedua orang tuanya. Karena bimbingan dari orang tua berbeda dengan bimbingan dari guru ataupun orang lain disekitarnya. Orang tua sangat berperan penting bagi perkembangan anaknya baik cara berpikirnya, jiwa sosialnya maupun kepribadiannya. Maka dari itu parenting sangatlah penting untuk dipelajari oleh siapapun yang akan menjadi orang tua atau bagi yang sudah menjadi orang tua. Semoga bermanfaat. (Tulisan Amelia Sholihah)

 


=