Notification

×

Iklan

Iklan

Hamka Muda Siap Membangun Generasi yang Bertanggung Jawab Selama Kegiatan PLP 1 di SMA N 1 Lepar Pongok

08 Oktober 2021 | Jumat, Oktober 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-11T04:11:03Z

Serambiupdate.com Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta menyelenggarakan PLP 1 bagi pemuda hamka semester 5, dilaksanakan pada Jumat (24/9). Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 24 September sampai 4 Oktober 2021. Tujuan PLP 1 ini untuk pemuda hamka (Susi Darwati) lebih mempersiapkan diri dan terarah dalam semua hal agar kemudian hari bisa menggunakan semua ilmu yang sudah didapatkan untuk menjadi tenaga pengajar yang profesional, bermutu dan bertanggung jawab.


SMA Negeri 1 Lepar Pongok sedikit jauh dari perkotaan tetapi pemuda hamka tidak pantang menyerah walaupun begitu banyak tantangan yang di alami pemuda hamka yang harus ditaklukkan salah satunya yaitu kegiatan PLP 1 dilakukan secara individu sehingga menuntut inisiatif sendiri dan tidak ada teman untuk membagi pendapat.


Pemuda hamka harus mampu menghadapi realitas global dan memilki bekal yang cukup untuk menghadapi masa depan yang penuh ketidak pastian. Hal ini dibutuhkan penguasaan ilmu pengetahuan yang suci sesusai dengan petunjuk yang pasti yaitu ALquran dan sunnah nabi, Adanya kegiatan PLP 1 sangatlah dibutuhkan karena dapat mengajarkan kepada pemuda hamka bahwa bangsa membutuhkan generasi yang kreaktif, disiplin dan bertanggung jawab.


Untuk menjadi seorang guru pemuda hamka wajib memiliki standar kompotensi pedagogik, kompotensi pribadi, kompotensi sosial dan kompotensi profesional, Sebagai calon guru perlu pembekalan yang secara mantang melalui pengenalan lapangan persekolahan PLP 1.


Ada beberapa kegiatan yang dilakukan pemuda hamka (Susi Darwati) ketika melaksanakan PLP 1 di SMA Negeri 1 Lepar Pongok pertama wawancara dengan wakil kesiswaan tentang bagaimana karakteristik umum peserta didik di SMA Negeri 1 Lepar Pongok, upaya apa saja yang dilakukan pihak sekolah supaya struktur organisasi dan tata tertib kerja sekolah berjalan dengan lancar dengan kondisi covid-19, apa yang dilakukan pihak sekolah untuk mendukung peraturan dan tata tertib sekolah supaya berjalan dengan lancar, Untuk menjelaskan hasil pengamatan kegiatan-kegiatan ceremonial-formal salah satu contohnya seperti upacara apakah peserta didik melaksanakannya dengan penuh hikmah, Untuk menjelaskan ada tidak pengaruh kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler, ekstrakulikuler dengan kondisi covid pada saat ini, Untuk menjelakan upaya apa yang dilakukan pihak sekolah supaya peserta didik SMA Negeri 1 Lepar Pongok dapat menikuti Pratik-pratik pembiasaan dan kebiasaan disekolah pada saat ini. Selanjutnya melakukan wawancara dengan ibu guru khususnya ibu matapelajaran Biologi mengenai keadaan pembelajaran ketika pandemi covid-19. Berdiskusi kepada beberapa guru terkait kegiatan belajar mengajar baik sewaktu daring dan tatap muka, dan mendengar cerita peserta didik terkait kendala yang mereka alami ketika pembelejaran daring. Ini merupakan bahan yang dapat digunakan untuk persiapan pada saat PLP 2. Supaya ketika PLP 2 pemuda hamka (Susi Darwati) sudah memiliki modal dalam terjun langsung.


SMA Negeri 1 Lepar Pongok memiliki fasillitas yang cukup dan memiliki bangunan yang permanen dan tempatnya sanggat srategis cocok untuk kegiatan belajar mengajar tidak kalah dengan sekolah-sekolah yang ada dibangka selatan. Selain itu pemuda hamka harus memiliki nilai semangat dan nilai juang agar dapat peduli terhadap sesama manusia. Pemuda hamka harus memiliki motivasi agar menjadi generasi muda yang baik. Pengenalan lapangan persekolahan PLP 1 adalah proses pengamatan atau observasi yang dilakukan mahasiswa program sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan Pendidikan. Program ini merupakan suatau tahapan dalam proses penyiapan guru professional dalam belajar mengajar.


Untuk menjadi generasi yang akan datang haruslah menjadi generasi yang banyak belajar sehingga banyak pengetahuan, kreatif dan bertanggung jawab sehingga memiliki keunggulan serta mampu bekerja sama juga bermoral keagamaan.


=