Notification

×

Iklan

Iklan

Dalam Kondisi Pandemi Covid-19, Mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA Tetap Semangat Menimba Ilmu dalam Kegiatan PLP 1

10 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 10, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-10T16:00:21Z


Serambiupdate.com
Pengenalan Lingkungan Persekolahan merupakan kegiatan yang sangat penting bagi mahasiswa FKIP UHAMKA. Tujuan PLP 1 bagi kami untuk membangun landasan jati diri, agar mahasiswa dapat menyerap pengalaman langsung dan cermat mengenai lingkungan fisik, administrasi, juga karakteristik sekolah. Kegiatan PLP 1 meliputi pengamatan atau observasi yang dilakukan oleh mahasiswa Progam Guru Sekolah Dasar.


Sasaran utama kegiatan PLP 1 adalah ranah profesi guru SD, untuk menumbuhkan beberapa kegiatan di sekolah, seperti pengamatan langsung mengenai kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, agar terciptanya pelayanan pendidik yang praktis, efektif, dan efisien. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kompetitif pedagogik, kepribadian sosial dan profesional.


Pada kesempatan ini, kegiatan PLP 1 yang beranggotakan Fakhriyan, Muhammad Faishal, Rizka De’Aulia, Rezhika Puteri Adhelia, dan Marisa Ana Tiara.  Dari mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UHAMKA melaksanakan PLP 1, yang bimbingan oleh Bapak Mubarak Ahmad M.Pd. yang juga dosen UHAMKA. Melakukan kegiatan PLP 1 di Sekolah Dasar Negeri Baru 01 Pagi Pasar Rebo Jakarta Timur yang berlokasi di  Jl. RA. Fadillah, RT.11/RW.4, Cijantung, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur.


Saat tim melakukan PLP 1, Nampak kegiatan KBM di masa pandemi tidak terlalu ramai. Karena kegiatan belajar mengajar masih berlangusng secara daring (dalam jaringan). Meskipun sedang dalam masa transisi, kepala sekolah beserta guru-guru masih berada di dalam lingkungan sekolah karena adanya kepentingan tugas di sekolah, dan juga pengawasan di sekolah terkait dengan persiapan menjelang pembelajaran tatap muka kembali.


Pak Anton Sijum selaku kepala sekolah yang baru saja bertugas kurang lebih satu minggu di SDN Baru 01 Pagi. Meskipun baru bertugas, namun tidak menjadi masalah untuk beliau dalam menjelaskan karakteristik serta administrasi yang ada di sekolah.


Pak Anton menuturkan, “Karakteristik siswa yang ada di SDN Baru 01 Pagi pastinya berbeda-beda ya, Nak. Tiap siswa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Secara keseluruhan karakter siswa yang ada di sekolah ini yaitu disiplin, toleransi, saling menghargai dan menghormati, kepedulian sosial, peduli terhadap lingkungan, selalu ingin tahu dan religius. Pastinya karakteristik tersebut sangat patut ditanamkan baik di dalam ataupun luar lingkungan sekolah. Kalian sebagai calon guru juga harus menerapkan karakteristik yang baik, serta harus menjadi guru yang kreatif dan inovatif”


Penjelasan sekaligus wejangan dari Bapak Kepala Sekolah SDN Baru 01 Pagi, mendorong semangat Tim PLP 1 untuk mengembangkan kemampuan di bidang belajar-mengajar.  Semoga dengan terlaksananya kegiatan PLP 1 dapat menjadikan kami sebagai calon guru yang dapat memajukan bangsa melalui Pendidikan. Pendidikan merupakan sumber kemajuan suatu bangsa, karena dengan pendidikan yang baik, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) suatu bangsa menjadi aset penting suatu bangsa.


=