Notification

×

Iklan

Iklan

Rektor Uhamka: Mahasiswa Harus Mampu Hadapi Masa Depan yang Penuh Ketidakpastian

20 September 2021 | Senin, September 20, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-21T09:57:33Z

 


Serambiupdate.com
 Sebanyak 3.774 mahasiswa baru tahun akademik 2021-2022 mengikuti Pekan Taaruf atau masa perkenalan yang berlangsung mulai tanggal 20 - 23 September 2021. Kegiatan ini dinilai penting untuk membina ukhuwah islamiyah dan mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa.


"Ini hal yang sangat penting dilalui oleh seluruh mahasiswa baru. Melalui proses pengenalan kehidupan kampus akan memastikan mereka memahami dengan baik bagaimana kehidupan civitas akademika di kampus Islam terbaik di Jakarta ini," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) Prof. Dr.Gunawan Suryoputro, Senin(20/9).


Kegiatan intensif ini juga untuk menanamkan nilai-nilai dan semangat juang yang harus dimiliki seorang mahasiswa, agar berintegritas dan peduli terhadap sesama. Mahasiswa baru pada pekan taaruf (PETA) ini juga dibekali motivasi agar menjadi generasi muda terbaik yang menanamkan misi risalah kenabian atau sering disebut dengan profetik.


"Yakni panggilan untuk memperjuangkan humanisme, nahi munkar dan transendensi atau beriman kepada Allah SWT, serta membawa misi menerapkan gerakan yang dibawa oleh Rasulullah SAW yaitu Islam yang rahmatan lil alamin," ujar Prof Gunawan.


Dilanjutkannya, semua mahasiswa Uhamka juga harus mampu menghadapi realitas global dan memiliki bekal yang cukup menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian. Juga dibekali dengan kemampuan teknologi informasi untuk menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat dan kebutuhan manusia yang semakin kompleks. 


"Hal ini membutuhkan penguasaan ilmu pengetahuan yang mumpuni, namun harus berdasarkan akal sehat dan hati yang suci sesuai dengan petunjuk yang pasti, yaitu Alquran dan sunnah nabi," katanya lagi. 


Oleh karena itu misi dan visi dari risalah kenabian yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW harus dijadikan referensi hidup dalam setiap aktivitas catur dharma perguruan tinggi. Juga dalam hal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pinsip-prinsip Muhammadiyah

=