Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Rabu, 22 September 2021 | Rabu, September 22, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-22T10:21:14Z



Karya Tiara Kusuma Dewi

Mahasiswa S1 Pendidikan B.Indonesia FKIP Uhamka

Seiring berjalannya waktu, persaingan didunia kerja kini semakin meningkat. Banyak perusahaan yang menuntut calon karyawan untuk menguasai setidaknya Bahasa Inggris dasar. Banyak orang yang masih bertanya-tanya, apa pentingnya menguasai Bahasa Inggris? Kita kan tinggal di Indonesia, mengapa harus repot-repot menggunakan bahasa luar? Nah terkadang pikiran-pikiran seperti ini menimbulkan banyak menimbulkan pernyataan atau komentar pedas kepada orang yang sedang berusaha belajar Bahasa inggris. Misalnya diejek dengan alasan ‘sok inggris’, mau pamer, dan lain sebagainya. Padahal belajar Bahasa Inggris justru sangat banyak manfaatnya.


Bahasa inggris merupakan Bahasa internasional, dengan begitu kita akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari seluruh dunia. Di dunia industri, banyak perusahaan yang menggunakan istilah-istilah dari Bahasa Inggris, hampir semua nama alat yang digunakan juga menggunakan Bahasa Inggris. Jika kita menguasai Bahasa tersebut, mendapatkan pekerjaan bukan suatu hal yang sulit. Tentunya juga diimbang dengan keterampilan lainnya yang sesuai dengan pekerjaan yang kita akan lamar. Perusahaan akan mempertimbangkan calon karyawan yang mahir berbahasa asing untuk ditempatkan di posisi yang bukan sekedar operator.


Disamping itu, didunia pendidikan atau perkuliahan banyak sekali jurnal-jurnal internasional yang digunakan sebagai referensi artikel yang akan dibuat. Walaupun tersedia google translate dan aplikasi lain yang serupa, akan lebih baik jika kita dapat memahami suatu jurnal tanpa repot-repot membuka aplikasi terjemahan. Bahkan jika kita memiliki rencana melanjutkan jenjang perkulian ke luar negeri, bahasa bukanlah rintangan dan halangan yang berarti untuk berkomunikasi disana. Kita akan lebih mudah mendapatkan informasi dan juga teman.


Di era yang serba online ini pun banyak orang-orang yang sudah berpikiran terbuka sehingga teknologi pun semakin pesat. Orang-orang dari seluruh manca negara menggunakan sosial media sebagai sarana komunikasi. Sebagai bahasa pemersatu bangsa, Bahasa Inggris lah yang sering digunakan. Dengan begitu kita bisa lebih update lagi dengan apa yang terjadi di dunia.


Sebagai orang Indonesia kita tidak perlu ragu untuk belajar bahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Jika ada yang bilang kalau belajar Bahasa Inggris itu salah satu bentuk ketidakcintaan terhadap tanah air, itu salah besar. Kita belajar Bahasa Inggris hanya untuk menambah wawasan, memepermudah hidup, dan juga memperluas cara berkomunikasi dengan orang lain. Sesederhana itu. Dan jangan malu untuk mempraktikan Bahasa Inggris di depan orang lain, karena semakin sering kita berlatih maka kemampuan kita akan semakin fasih berbahasa. 


×
Berita Terbaru Update